24 C
id

15 Fakta Menarik Tentang Singapura Yang Harus Kamu Ketahui

15 Fakta Menarik Tentang Singapura
Singapore City ( source tribunbatam.id )



AchehNetwork.com - Singapura atau Republik Singapura adalah sebuah negara kepulauan yang terletak di ujung selatan Semenanjung Melayu, 137 km sebelah utara garis khatulistiwa di Asia Tenggara. Negara ini dipisahkan dari kepulauan Riau Indonesia di Malaysia di utara oleh Selat Johor dan di selatan oleh Selat Singapura.

Singapura adalah pusat keuangan terbesar ketiga di dunia dan merupakan kota metropolitan internasional yang memainkan peran penting dalam perdagangan dan ekonomi internasional. Pelabuhan Singapura adalah salah satu dari lima pelabuhan tersibuk di dunia.

Sebagai tetangga Indonesia, Singapura tentunya juga menjadi tujuan wisata yang populer bagi masyarakat Indonesia. Wisatawan yang berwisata ke Singapura biasanya mengunjungi patung Merlion yang merupakan lambang negara Singapura. Orchard Road adalah tempat bagi orang-orang yang suka berbelanja, dan tentunya Bandara Changi merupakan salah satu bandara terbaik di dunia.

Negara ini tidak hanya terkenal dengan pariwisata Singapura, tetapi juga memiliki banyak hal menarik lainnya yang ditawarkan. Sebenarnya, Anda tidak perlu mengunjungi Singapura terlebih dahulu jika ingin mempelajari beberapa fakta menarik tentang negara ini. Pada artikel kali ini kami akan menginformasikan tentang fakta menarik apa saja yang ada di negara ini. Penasaran apa saja fakta menariknya? Yuk, simak ulasannya berikut ini!


1. Arti Bendera Singapura

Bendera Singapura terdiri dari dua bagian horizontal yang dibagi menjadi dua warna, merah dan putih. Sekilas, bendera Singapura mirip dengan bendera Indonesia. Namun, bendera Singapura memiliki bulan sabit putih dan lima bintang putih di sisi merah bendera di pojok kiri atas. Warna merah bendera Singapura melambangkan persaudaraan universal dan kesetaraan manusia. Putih melambangkan kemurnian dan kebajikan abadi. Bulan sabit melambangkan negara berkembang dan bintang lima melambangkan cita-cita demokrasi, perdamaian, kemajuan, keadilan, dan kesetaraan Singapura.


2. Singapura Menggunakan Singlish

Salah satu warisan penting dari penjajahan Inggris hingga saat ini adalah penggunaan bahasa Inggris sebagai bahasa resmi Singapura. Di Singapura, banyak orang dari berbagai latar belakang budaya mengubah bahasa Inggris menjadi Singlish. Singlish adalah kombinasi yang menarik dari bahasa Inggris, Hokkien, Melayu, Kanton, dan Tamil.

Penggunaan Singlish sendiri sangat informal dan dapat didengar dalam bahasa sehari-hari orang Singapura. Fakta yang menarik adalah bahwa Singlish adalah bahasa tidak resmi, tetapi ada 27 kata Singlish di Oxford English Dictionary. Jika Anda pernah ke Singapura, penduduk setempat menggunakan "lah" sebagai "Can lah!" Atau "Oke lah!", bahkan penduduk setempat mengatakan "Shiok!" yang berarti keren.


3. Musisi Minang, Pengubah lagu kebangsaan Singapura

Lagu kebangsaan Singapura berjudul "Majulah Singapura" diciptakan oleh Zubir Said, seorang musisi asal Bukittinggi, Sumatera Barat. Pada tahun 1928 ia memutuskan untuk pindah ke Singapura untuk mewujudkan mimpi musiknya.

Lagu "Majulah Singapora" diciptakan oleh Zubir Said pada tahun 1958 dan dipersembahkan kepada Dewan Kota Singapura untuk merayakan Teater Victoria yang baru saja direnovasi. Lagu ini pertama kali dinyanyikan oleh Singapore Chamber of Commerce Ensemble. Lagu tersebut kemudian dibawakan kembali sebagai lagu kebangsaan Singapura pada 3 Desember 1959.

Lagu kebangsaan "Majulah Singapora" memiliki melodi dan lirik yang mengungkapkan aspirasi dan semangat warga Singapura untuk kemajuan mereka. Saat ini, lagu "Majulah Singapura" rutin dinyanyikan di sekolah dan upacara kamp militer. Selain itu, lagu kebangsaan Singapura dinyanyikan di semua acara kenegaraan, termasuk perayaan tahunan Hari Kemerdekaan Singapura pada 9 Agustus.


4. Terdapat Pusat Kuliner dan Budaya

Setiap negara tentunya memiliki masakan khasnya masing-masing. Demikian pula, Singapura menawarkan berbagai hidangan mulai dari cay toast, cabai, laksa Singapura, mie Hokkien hingga nasi ayam Hainan. Menemukan warung makan yang menjual makanan ini di Singapura tidaklah sulit.

Yang harus Anda lakukan adalah pergi ke salah satu pusat jajanan atau pusat jajanan yang tersebar di seluruh Singapura. Di sini Anda bisa mencicipi aneka makanan dan minuman yang ditawarkan puluhan warung makan dengan harga terjangkau.

Hawker Center awalnya didirikan oleh pemerintah Singapura untuk menampung pedagang kaki lima. Setelah selesai dan ditata dengan baik, semakin banyak orang yang ingin menikmati makanan lokal. 

Pagi, siang, malam, Hawker Center selalu dipenuhi penduduk lokal dan turis. Selain mengisi perut dengan makanan khas Singapura, Hawker Center juga menjadi tempat berkumpulnya orang-orang untuk bersosialisasi. 

Menghabiskan waktu di Hawker Center telah menjadi budaya unik bagi warga Singapura. Bahkan, budaya makan dan kumpul Hawker Center telah menjadi warisan budaya berupa intangible kemanusiaan dan diakui oleh UNESCO.


5. Pejalan kaki tercepat di dunia

Singapura adalah negara dengan tata kota yang sangat baik, terutama desain ruang publiknya. Kebanyakan orang juga menggunakan transportasi umum untuk perjalanan sehari-hari. Faktanya, Singapura memiliki transportasi umum terbaik di dunia.


Tetapi banyak juga yang berbaris untuk memobilisasi diri. Selain elemen desain urban walkable, warga Singapura menyadari bahwa berjalan baik untuk kesehatan mereka. Tidak heran orang Singapura terpilih sebagai pejalan kaki tercepat di dunia.

Berdasarkan penelitian Profesor Richard Wiseman, Profesor Psikologi di University of Hertfordshire di Inggris, pejalan kaki tercepat di Singapura bisa berjalan 10,55 detik untuk jarak 18 meter.


6. Terdapat Banyak Taman Kota

Sebagai kota besar, Singapura tidak terlihat seperti kota padat yang hanya memiliki bangunan. Meski memiliki banyak gedung pencakar langit, Singapura juga memiliki banyak taman kota hijau yang menyeimbangkan kehidupan masyarakat. Menjadi negara khatulistiwa, taman yang rimbun bisa sangat membantu dalam meminimalisir cuaca panas dan polusi udara.

Jika ingin menikmati sisi dansa Singapura, Anda bisa berjalan-jalan melewati banyak taman kota cantik yang tersebar di seluruh negeri singa ini. Taman kota terkenal di Singapura termasuk Singapore Botanic Gardens, taman tertua di Singapura dengan koleksi anggrek yang luas, Fort Canning Park untuk pemandangan dan foto yang unik, dan Gardens by the Bay, salah satu taman paling populer di Singapura atau biasa disebut landmark . Kota kebanggaan Singapura. Sebagai penyeimbang alam, taman kota juga menawarkan berbagai kesempatan outdoor, seperti hiburan keluarga, olahraga, dan konser.


7. Memiliki Bianglala Terbesar di Dunia

Bianglala terbesar di dunia adalah Singapore Flyer. Singapore Flyer adalah salah satu landmark kebanggaan Singapura dan terletak di jantung kota di antara gedung pencakar langit di sekitar Marina Bay. 

Bukan yang tertinggi di dunia, namun kemegahan Singapore Flyer menjadikannya kincir ria tertinggi di dunia. Singapore Flyer dibangun dengan ketinggian 165 meter atau 42 lantai. Bianglala ini dilengkapi dengan 28 kapsul, satu kapsul dapat menampung hingga 28 orang.

Dari dalam Singapore Flyer, pengunjung dapat menikmati pemandangan Singapura dari atas. Bahkan, jika cuaca sedang bagus, Anda juga bisa melihat Indonesia dan Malaysia dari Singapore Flyer. Menariknya, Anda bisa menikmati layanan Sky Dining dan merasakan sensasi bersantap di ketinggian.


8. Melarang Mengunyah Permen Karet

Fakta menarik lainnya di Singapura adalah dilarangnya konsumsi dan penjualan permen karet. Siapapun yang mengkonsumsi dan menjual permen karet melanggar hukum. Selain itu, pembuangan sisa permen karet sembarangan dapat dihukum dengan denda hingga SGD 100.000. Peraturan ini berlaku sejak tahun 1992.

Pemerintah Singapura memberlakukan peraturan ini karena harus mengeluarkan banyak uang untuk membersihkan sisa-sisa permen karet di ruang publik, khususnya di stasiun MRT. Meski dilarang, masyarakat tetap bisa menggunakan permen karet dari dokter atau apoteker. Berkat peraturan ini, Singapura kini dianggap sebagai negara dengan lingkungan yang bersih.


9. Negara Pertama Yang Membuka Kebun Binatang Malam

Salah satu tempat wisata yang paling menarik bagi pengunjung adalah safari malam. Night Safari adalah kebun binatang malam pertama di dunia. Night Safari memiliki koleksi hewan liar terbesar dan paling terkenal di dunia. Menariknya, di sini pengunjung diajak berkeliling kebun binatang dengan tram dan menjelaskan masing-masing hewan. Safari Malam buka mulai pukul 19:15 sampai pukul 21:00.


10. Memiliki Bandar Udara Terbaik di Dunia

Bandara Changi Singapura dinobatkan sebagai Bandara Terbaik Dunia oleh Skytrax dalam Penghargaan Bandara Dunia 2017, memenangkan Fasilitas Terbaik lima tahun berturut-turut.

Bandara Changi bukan hanya bandara terbaik di dunia, tapi juga bandara terbaik di Asia dengan fasilitas rekreasi terbaik. Bandara Changi dikenal dengan check-in, kedatangan, belanja, transportasi, keamanan, imigrasi, dan keberangkatan yang sangat baik.


11. Terdapat Air Terjun Dalam Ruangan Tertinggi di Dunia

Singapura mungkin salah satu yang terbaik di dunia dalam hal pengembangan teknologi dan infrastruktur. Maka jangan heran jika Singapura memiliki air terjun buatan dalam ruangan tertinggi di dunia.

Air terjun ini terletak di tanah reklamasi di Singapore's Gardens by the Bay. Air terjun ini memiliki pusat pembibitan dan penelitian berbagai jenis tumbuhan dari seluruh dunia. Di Gardens by the Bay, pengunjung dapat melihat berbagai tanaman dan bunga asli dari seluruh dunia. Anda juga bisa melihat air terjun indoor tertinggi di dunia dengan ketinggian mencapai 35 meter.


12. Pelajar Matematika Terbaik

Pendidikan penting di Singapura. Hal ini menjadikan Singapura sebagai salah satu negara maju dengan siswa terbaik. Singapura juga memiliki universitas dengan fasilitas dan pendidikan terbaik, beberapa di antaranya menduduki peringkat teratas universitas terbaik dunia. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika siswa Singapura memiliki beberapa keterampilan matematika terbaik di dunia, atau setidaknya selalu menjadi yang terdepan dalam keterampilan matematika global.


13. Negara Yang Mengimport Pasir

Fakta menarik lainnya tentang negara Singapura adalah pembebasan lahan. Jika melihat peta dunia, ukuran kecil dan kedekatan Singapura pasti akan menyulitkan untuk menemukan negara bagian Singapura. Masuk akal karena Singapura hanya sekitar 719,1 km².

Karena keterbatasan lahan, Singapura gencar memperluas lahannya dengan mengimpor pasir dari negara lain, termasuk Indonesia. Pekerjaan perluasan atau renovasi lahan sedang berlangsung dan diharapkan selesai pada tahun 2030. Oleh karena itu, dapat dipastikan luas negara kecil ini akan terus bertambah.


14. Wajib Menikah Bagi Warga Yang Berusia di Atas 30 Tahun

Mungkin juga terdengar menarik karena masih banyak single berusia di atas 30-40 tahun di Indonesia. Mungkin bagi sebagian orang yang tinggal di negara lain juga banyak aspek, seperti karir, kesiapan spiritual dan stabilitas finansial, yang harus dipertimbangkan dengan matang sebelum memutuskan untuk menikah. Beberapa orang juga tidak menikah karena tidak menemukan pasangan yang cocok untuk hidupnya.

Namun, di Singapura Anda harus menikah jika Anda berusia di atas 30 tahun. Padahal, pemerintah Singapura berperan dalam hal ini. Pemerintah Singapura bekerja sama dengan Social Development Unit (SDU) sebagai lembaga perjodohan yang mengambil langkah nyata untuk membantu warga Singapura menemukan pasangan hidupnya.


15. Kebanyakan Warganya Tinggal di Apartemen atau Flat

Fakta menarik lainnya tentang Singapura adalah masalah warganya yang sebagian besar tinggal di rumah susun dan apartemen. Hal ini tampaknya wajar mengingat Singapura hanya memiliki luas 719,1 km² dan jumlah penduduk hanya 5 juta jiwa. 

Oleh karena itu, hampir tidak mungkin setiap warga Singapura memiliki rumah keluarga sendiri. Pemerintah harus bijak dalam mengelola rumah warganya. Dalam hal ini, apartemen dan rumah susun adalah solusi yang paling tepat untuk mengatasi masalah tersebut.

Demikian artikel tentang fakta menarik Singapura yang kami sajikan. Kami harap artikel ini dapat membantu Anda mengenal Singapura lebih dekat dengan fakta-fakta menarik yang mungkin belum Anda ketahui


Ohya, Sahabat Pembaca.. Jika kalian punya cerita unik, artikel menarik, tips berguna atau pun berita kejadian terkini, Silakan kirim ke Admin Acheh Network..!!
Whatsapp:
0812-6537-7302 (Pesan saja/tidak menerima panggilan telepon)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Tinggalkan Komentar Anda

iklan

REKOMENDASI UNTUK ANDA