24 C
id

Australia Akan Menggantikan Gambar Ratu Elizabeth di Pecahan Uang Kertas 5 Dolar

Australia Akan Menggantikan Gambar Ratu Elizabeth di Pecahan Uang Kertas 5 Dolar
Gambar Ratu Elizabeth di pecahan uang kertas Australia A$ 5. (Foto: Twitter.com)
Achehnetwork -  Australia akan mengganti gambar Ratu Elizabeth II pada uang kertas lima dolarnya dengan desain baru yang mencerminkan dan menghormati sejarah budaya Aborigin, demikian diumumkan Reserve Bank of Australia pada Kamis (02/02/2023).

Keputusan tersebut mengikuti konsultasi dengan pemerintah federal, yang mendukung perubahan tersebut, kata Reserve Bank of Australia dalam sebuah pernyataan. Parlemen Australia masih berada di sisi lain dari RUU tersebut, katanya.

Kematian Ratu Elizabeth tahun lalu memicu kembali perdebatan di Australia tentang masa depan negara itu sebagai bagian dari monarki konstitusional. Padahal sebelumnya diputuskan dalam referendum tahun 1999 untuk mempertahankan raja Inggris sebagai kepala negara. Raja Charles III, yang naik  takhta monarki Kerajaan Inggris Raya setelah kematian ibunya, adalah kepala negara di Australia, Selandia Baru, dan 12 wilayah Persemakmuran lainnya di luar Inggris, meskipun perannya sebagian besar bersifat seremonial.

Australia mengatakan pada September 2022 bahwa gambar Raja Charles tidak akan secara otomatis menggantikan Ratu Elizabeth pada uang kertas $5 dan dia dapat digantikan oleh tokoh-tokoh Australia. Menteri Keuangan Jim Chalmers mendorong keputusan tersebut, dengan mengatakan bahwa perubahan tersebut adalah "kesempatan untuk menemukan keseimbangan yang baik".

"Raja tetap masih di uang koin, tetapi uang kertas $5 mengatakan lebih banyak tentang sejarah dan warisan kita dan negara kita dan saya pikir itu hal yang baik," katanya kepada wartawan di Melbourne.

Ohya, Sahabat Pembaca.. Jika kalian punya cerita unik, artikel menarik, tips berguna atau pun berita kejadian terkini, Silakan kirim ke Admin Acheh Network..!!
Whatsapp:
0812-6537-7302 (Pesan saja/tidak menerima panggilan telepon)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Tinggalkan Komentar Anda

Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

REKOMENDASI UNTUK ANDA