24 C
id

Dukungan Singapura Terhadap Kepemimpinan Indonesia di ASEAN dan Penyelesaian Isu Myanmar

Dukungan Singapura Terhadap Kepemimpinan Indonesia di ASEAN dan Penyelesaian Isu Myanmar
Presiden Jokowi berjabat tangan dengan PM Lee di Singapura pada Kamis 16/03/2023. (Foto: Dok. Setkab.)
JAKARTA - Perdana Menteri (PM) Singapura, Lee Hsien Loong, memberikan dukungan penuh terhadap kepemimpinan Indonesia dan prioritasnya sebagai ketua ASEAN. Pernyataan tersebut disampaikan dalam konferensi pers bersama Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi), di Singapura, pada Kamis (16/03/2023), setelah pertemuan kedua pemimpin.

PM Lee menyatakan bahwa dirinya dan Presiden Jokowi membahas perkembangan di kawasan dan bahwa Singapura mendukung penuh upaya kepemimpinan Indonesia dalam mendorong implementasi lima poin kesepakatan para pemimpin ASEAN dalam penyelesaian isu Myanmar. PM Lee juga menegaskan bahwa Singapura akan terus bekerja sama dengan Indonesia, Anggota ASEAN, dan mitra ASEAN seperti PBB untuk mendorong implementasi penuh dari lima poin kesepakatan.

Selain itu, PM Lee juga menegaskan bahwa Singapura dan Indonesia serta seluruh anggota ASEAN akan terus bekerja sama untuk membantu Timor-Leste mempersiapkan kewajiban dan komitmen, yang akan diambil ketika bergabung menjadi anggota ASEAN. Presiden Jokowi menyampaikan apresiasi atas dukungan Singapura terhadap Keketuaan Indonesia di ASEAN dan menegaskan bahwa prioritas Keketuaan Indonesia di ASEAN adalah menjaga kesatuan dan sentralitas ASEAN.

Sebagai pemegang keketuaan ASEAN, Presiden Jokowi menegaskan bahwa Indonesia akan mendorong langkah implementasi lima poin kesepakatan para pemimpin ASEAN dalam penyelesaian isu Myanmar. Presiden Jokowi juga menekankan pentingnya pengurangan ketegangan dan kekerasan serta memastikan bahwa bantuan kemanusiaan dapat menjangkau semua pihak yang memerlukan.[]

Ohya, Sahabat Pembaca.. Jika kalian punya cerita unik, artikel menarik, tips berguna atau pun berita kejadian terkini, Silakan kirim ke Admin Acheh Network..!!
Whatsapp:
0812-6537-7302 (Pesan saja/tidak menerima panggilan telepon)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Tinggalkan Komentar Anda

Iklan

REKOMENDASI UNTUK ANDA