24 C
id

Hujan Deras Disertai Butiran Es Seukuran Kelereng Terjang Kota Pekanbaru, BMKG Keluarkan Peringatan Dini

Hujan Deras Disertai Butiran Es Seukuran Kelereng Terjang Kota Pekanbaru, BMKG Keluarkan Peringatan Dini
Hujan es landa Pekanbaru. (Foto: tangkapan layar)
PEKANBARU - Beberapa wilayah di Kota Pekanbaru mengalami hujan deras yang disertai butiran es seukuran kelereng pada Sabtu (25/3/2023) sore. Menurut BMKG stasiun Pekanbaru, fenomena ini terjadi karena suhu udara cukup tinggi sejak pagi hingga sore hari, sehingga proses pembentukan awan menjadi masif.

Prakirawan cuaca BMKG stasiun Pekanbaru, Yasir Prayuna, mengatakan bahwa fenomena seperti ini biasanya terjadi pada masa-masa transisi. Selain hujan es, angin puting beliung juga sering terjadi di wilayah tersebut. Kejadian curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, serta petir dan angin kencang masih berpotensi terjadi di beberapa wilayah Provinsi Riau dalam beberapa hari ke depan.

Yasir Prayuna meminta masyarakat dan instansi terkait untuk tetap waspada terhadap terjadinya bencana hidrometeorologis seperti genangan, banjir, tanah longsor, dan cuaca ekstrem berupa hujan sedang hingga lebat yang disertai dengan kilat atau petir dan angin kencang. Daerah bertopografi curam atau rawan longsor harus tetap waspada terutama pada kejadian hujan dengan intensitas ringan hingga sedang yang terjadi selama beberapa hari berturut-turut.

Hujan deras dengan serpihan es tidak hanya terjadi di daerah Panam, tetapi juga terjadi di Jalan Rambutan dan Jalan Paus. BMKG Stasiun Pekanbaru juga mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang yang dapat terjadi di beberapa wilayah Kabupaten Kampar, Kuantan Singingi, Pelalawan, Siak, Indragiri Hulu, dan Indragiri Hilir pada pagi, siang dan sore hari.

Suhu udara di Provinsi Riau pada hari itu berkisar antara 23,0 hingga 32,0 derajat Celsius dengan kelembapan udara 58-99 persen. Arah angin berhembus ke Barat - Utara dengan kecepatan 10-30 km/jam. Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0,50-1,25 meter (rendah).[]

Ohya, Sahabat Pembaca.. Jika kalian punya cerita unik, artikel menarik, tips berguna atau pun berita kejadian terkini, Silakan kirim ke Admin Acheh Network..!!
Whatsapp:
0812-6537-7302 (Pesan saja/tidak menerima panggilan telepon)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Tinggalkan Komentar Anda

Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

REKOMENDASI UNTUK ANDA