24 C
id

Keutamaan Sholat Dhuha: Cara, Niat, dan Doa yang Dianjurkan

Keutamaan Sholat Dhuha: Cara, Niat, dan Doa yang Dianjurkan
Ilustrasi Keutamaan Sholat Dhuha. (Foto: via Pixabay)
ACHEHNETWORK.COM - Salah satu ibadah sunnah yang sangat dianjurkan untuk dilakukan di pagi hari adalah sholat dhuha. Selain membuka pintu rezeki, sholat dhuha juga dapat melancarkan segala urusan kita. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk memulai aktivitas pagi dengan menunaikan ibadah sholat dhuha.

Waktu terbaik untuk melaksanakan sholat dhuha adalah ketika matahari baru terbit dengan ketinggian sekitar tiga hasta atau sekira pukul 09.00 sampai dengan menjelang waktu zuhur. Namun, menurut kutipan pada Buku Pintar Panduan Lengkap Ibadah Muslimah oleh Ustaz M. Syukron Maksum, waktu pelaksanaan sholat dhuha biasanya ketika matahari telah naik setinggi 7 hasta, yaitu sekitar pukul 7 sampai dengan menjelang waktu zuhur.

Bacaan Niat Sholat Dhuha:

اُصَلِّى سُنَّةَ الضَّحٰى رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً ِللهِ تَعَالَى

Artinya:

"Aku niat sholat sunah Dhuha dua raka'at, karena Allah ta'ala."

Untuk melaksanakan sholat dhuha, kita perlu mengikuti tata cara pelaksanaannya, yaitu:

1. Niat

2. Takbiratul Ihram

3. Membaca Doa Iftitah

4. Membaca Surah Al-Fatihah

5. Membaca Surah Ad-Dhuha

6. Ruku’ dengan tuma’ninah

7. I’tidal dengan tuma’ninah

8. Sujud dengan tuma’ninah

9. Duduk di antara dua sujud dengan tuma’ninah

10. Sujud kedua dengan tuma’ninah

11. Berdiri lagi untuk menunaikan rakaat kedua

12. Membaca Surah Al-Fatihah

13. Membaca Surah As-Syams

14. Ruku’ dengan tuma’ninah

15. I’tidal dengan tuma’ninah

16. Sujud dengan tuma’ninah

17. Duduk di antara dua sujud dengan tuma’ninah

18. Sujud kedua dengan tuma’ninah

19. Tasyahud Akhir dengan tuma’ninah

20. Salam

Setelah selesai menunaikan sholat dhuha, kita dapat membaca doa sebagai berikut:

اَللّٰهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ اَللّٰهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Artinya: "Ya Allah, bahwasannya waktu Dhuha itu adalah waktu Dhuha-Mu, dan keagungan itu adalah keagungan-Mu, dan keindahan itu adalah keindahan-Mu, dan kekuatan itu adalah kekuatan-Mu, dan perlindungan itu adalah perlindungan-Mu. Ya Allah, jika rizkiku masih di atas langit, maka turunkanlah, jika masih di dalam bumi, maka keluarkanlah, jika masih sukar, maka mudahkanlah, jika (ternyata) haram, maka sucikanlah, jika masih jauh, maka dekatkanlah, Berkat waktu Dhuha, keagungan, keindahan, kekuatan dan kekuasaan-Mu, limpahkanlah kepada kami segala yang telah Engkau limpahkan kepada hamba-hambaMU yang sholeh."

Semoga dengan membaca doa ini setelah sholat dhuha, Allah SWT memberikan kemudahan dalam urusan rezeki dan menjauhkan kita dari segala hal yang tidak diinginkan. Selain itu, semoga Allah SWT senantiasa memberikan perlindungan dan berkah pada kehidupan kita sehari-hari. Aamiin.[]

Ohya, Sahabat Pembaca.. Jika kalian punya cerita unik, artikel menarik, tips berguna atau pun berita kejadian terkini, Silakan kirim ke Admin Acheh Network..!!
Whatsapp:
0812-6537-7302 (Pesan saja/tidak menerima panggilan telepon)

ARTIKEL TERKAIT

Baca Juga Ya!

Terupdate Lainnya

Tinggalkan Komentar Anda

Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan
Iklan

REKOMENDASI UNTUK ANDA