24 C
id

Masjid Oman Lampriet Mengundang Tiga Imam dari Timur Tengah dalam Menyambut Bulan Ramadhan Tahun Ini

Masjid Oman Lampriet Mengundang Tiga Imam dari Timur Tengah dalam Menyambut Bulan Ramadhan Tahun Ini
Pengurus Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Oman Al Makmur Gampong Bandar Baru, Lampriet Kecamatan Kuta Alam, Banda Aceh akan mendatangkan tiga imam dari Timur Tengah pada bulan puasa Ramadhan tahun ini.(Foto: Ist)
BANDA ACEH - Pengurus Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Oman Al Makmur Gampong Bandar Baru, Lampriet Kecamatan Kuta Alam, Banda Aceh akan mendatangkan tiga imam dari Timur Tengah pada bulan puasa Ramadhan tahun ini. Ketiga imam tersebut akan memimpin pelaksanaan ibadah shalat malam seperti Tarawih dan Qiyamul Lail. Masing-masing imam berasal dari Palestina, Arab Saudi, dan Mesir.

Ketua Panitia Kegiatan Ramadhan 1444 Hijriah Masjid Oman Al Makmur Lampriet Banda Aceh, Ustadz Mauliza Akbar, mengatakan bahwa Masjid Oman Al Makmur akan memberikan pelayanan terbaik kepada para jamaah agar tetap nyaman dalam beribadah pada bulan Ramadhan tahun ini. Selain shalat Tarawih, Masjid Oman juga menyelenggarakan kegiatan rutin bulan Ramadhan seperti Daurah Al-Qur'an, Takjil Bareng, Iktikaf, Qiyamul Lail, dan Sahur Bersama.

Pada bulan Ramadhan tahun ini, tiga orang imam dari tiga negara Timur Tengah akan hadir untuk memenuhi keinginan para jamaah. Qiyamul Lail pada bulan Ramadhan tahun ini akan dimulai lebih awal, yaitu pada malam memasuki 11 Ramadhan 1444 Hijriah atau hari Sabtu malam, tanggal 1 April 2023. Jamaah yang tidak sempat mengikuti jamaah shalat malam (Tarawih) setelah shalat Isya masih punya kesempatan untuk melaksanakannya pada waktu qiyamul lail.

Ustadz Mauliza Akbar juga menekankan bahwa Qiyamul Lail akan dimulai dihidupkan sejak 11 Ramadhan yang akan diimami oleh imam-imam muda Masjid Oman dan imam lokal. Sahur bersama akan dimulai pada waktu memasuki 21 Ramadhan 1444 Hijriah atau pada hari Rabu dini hari tanggal 12 April 2023 sampai dengan hari Jum’at dini hari tanggal 21 April 2023.

Pihak BKM Oman Al-Makmur juga menyiapkan sarana prasarana masjid menjelang Ramadhan, termasuk menambah beberapa kamar hotel guna menampung jamaah dari luar Aceh yang ingin merasakan nikmatnya suasana Ramadhan di Masjid Oman, termasuk para syeikh yang datang dari luar negeri. Selain itu, petugas yang mengatur shaf beserta petugas keamanan akan disiagakan secara maksimal selama shalat tarawih, dibantu dengan tenaga tambahan dari para pemuda Gampong Bandar Baru.

Ketua BKM Oman Al-Makmur, Ustadz Jamil Ibrahim, mengharapkan keterlibatan aktif semua pihak sebagai kunci kesuksesan masjid dalam melayani jamaah selama bulan Ramadhan. Ustadz Jamil menekankan pentingnya budaya ramah dan etika yang baik dalam berinteraksi dengan para jamaah, disamping pelayanan prima terhadap tugasnya masing-masing.

Dengan demikian, masjid Oman Al Makmur berharap dapat memberikan pengalaman beribadah yang berkesan bagi para jamaah pada bulan suci Ramadhan ini.

Selain itu, BKM Oman Al Makmur juga terus memperhatikan kesiapan sarana dan prasarana masjid serta penginapan bagi para jamaah yang datang dari luar daerah. Beberapa kamar hotel telah ditambah untuk menampung jamaah yang ingin merasakan suasana Ramadhan di Masjid Oman, termasuk para Syekh yang datang dari luar negeri.

Untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama pelaksanaan ibadah, BKM Oman Al Makmur telah menyiapkan petugas pengatur shaf serta petugas keamanan yang dibantu dengan tenaga tambahan dari para pemuda Gampong Bandar Baru. Semua pihak diharapkan dapat berperan aktif dalam menjaga keamanan dan kenyamanan selama pelaksanaan ibadah di Masjid Oman.

Ketua BKM Oman Al Makmur, Ustadz Jamil Ibrahim, menegaskan bahwa budaya ramah dan etika yang baik harus menjadi prinsip dalam berinteraksi dengan para jamaah. Pelayanan prima terhadap tugas masing-masing juga tetap wajib dilakukan agar masjid benar-benar menjadi tempat yang nyaman untuk beribadah selama Ramadhan dan jamaah pun betah berlama-lama di masjid.

Dengan demikian, BKM Oman Al Makmur siap memberikan pelayanan terbaik bagi para jamaah pada bulan suci Ramadhan ini. Pelaksanaan shalat Tarawih dan Qiyamul Lail yang dipimpin oleh tiga imam khusus dari Timur Tengah diharapkan dapat meningkatkan kualitas ibadah para jamaah dan memberikan pengalaman beribadah yang berkesan bagi mereka.[]

Ohya, Sahabat Pembaca.. Jika kalian punya cerita unik, artikel menarik, tips berguna atau pun berita kejadian terkini, Silakan kirim ke Admin Acheh Network..!!
Whatsapp:
0812-6537-7302 (Pesan saja/tidak menerima panggilan telepon)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Tinggalkan Komentar Anda

Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

REKOMENDASI UNTUK ANDA