24 C
id

Pengawasan Takjil Selama Ramadan oleh BPOM Aceh, 3 Lokasi Ini Pastikan Takjil Aman Dikonsumsi

Pengawasan Takjil Selama Ramadan oleh BPOM Aceh, 3 Lokasi Ini Pastikan Takjil Aman Dikonsumsi
Ilustrasi Pedagang Takjil. (Foto: via beritakini)
BANDA ACEH - Balai Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Aceh akan melaksanakan pengawasan di tiga lokasi untuk memastikan takjil yang dikonsumsi masyarakat saat Ramadan 1444 Hijriah aman dan bergizi. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada Jumat, 24 Maret 2023 dengan tujuan agar masyarakat dapat memperoleh dan mengonsumsi makanan yang aman dan sehat.

Kepala Balai BPOM Aceh, Yudi Noviandi, mengatakan bahwa tiga lokasi yang akan dilakukan pengawasan adalah di Darussalam, Lampineung, dan Jalan Garuda. Selain melibatkan satuan karya Pramuka, kegiatan ini juga akan memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya makanan yang higienis.

Jika nanti ditemukan makanan yang berbahaya, pihak BPOM akan meminta pedagang untuk tidak memperjualbelikan makanan tersebut. Oleh karena itu, BPOM juga mengimbau kepada masyarakat yang membeli takjil agar melakukan cek klik, kemasan, label, izin edar, dan kedaluwarsa dari obat dan makanan yang dibeli. Selain itu, masyarakat juga diminta untuk memperhatikan higiene dan sanitasi pangan siap saji atau takjil yang dibeli.

Kepada penjual, BPOM juga meminta agar makanan siap saji harus terjaga kebersihannya. Penjual juga tidak diperbolehkan menambahkan bahan baku yang dilarang dan harus menyajikan makanan yang sehat untuk dikonsumsi. Dengan adanya kegiatan pengawasan ini, diharapkan masyarakat dapat terhindar dari makanan yang tidak aman dan bergizi selama bulan Ramadan.

Selain itu, BPOM juga menyarankan kepada masyarakat untuk membeli takjil di tempat yang terpercaya dan sudah memiliki izin dari BPOM. Hal ini untuk memastikan bahwa takjil yang dikonsumsi aman dan telah melalui proses pengawasan yang ketat.

Kegiatan pengawasan makanan selama bulan Ramadan merupakan salah satu upaya BPOM untuk melindungi konsumen dari bahaya kesehatan yang disebabkan oleh makanan yang tidak aman dan tidak bergizi. Selain itu, kegiatan ini juga sebagai upaya untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya makanan yang higienis dan sehat.

Sebagai konsumen, kita juga harus memperhatikan keamanan dan kesehatan makanan yang kita konsumsi, terutama selama bulan Ramadan. Kita dapat memastikan keamanan makanan dengan membeli makanan di tempat yang terpercaya dan memperhatikan label dan izin edar dari produk tersebut. Selain itu, kita juga harus memperhatikan higiene dan sanitasi makanan yang kita beli, serta memastikan bahwa makanan yang kita konsumsi telah melalui proses pengawasan yang ketat.[]

Ohya, Sahabat Pembaca.. Jika kalian punya cerita unik, artikel menarik, tips berguna atau pun berita kejadian terkini, Silakan kirim ke Admin Acheh Network..!!
Whatsapp:
0812-6537-7302 (Pesan saja/tidak menerima panggilan telepon)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Tinggalkan Komentar Anda

Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

REKOMENDASI UNTUK ANDA