24 C
id

Persediaan Hewan Ternak di Aceh Besar Mencukupi Jelang Meugang Ramadan

Persediaan Hewan Ternak di Aceh Besar Mencukupi Jelang Meugang Ramadan
Ilustrasi hewan ternak. (Foto: Pixabay)
JANTHO - Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Aceh Besar menyatakan bahwa persediaan hewan ternak menjelang perayaan Meugang Ramadan 1444 Hijriyah/2023 Masehi telah mencukupi. Bahkan, Kabupaten Aceh Besar memiliki persediaan sapi jantan sebanyak 2.532 ekor. Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Aceh Besar, Jakfar, menyatakan bahwa persediaan tersebut mencakup sapi, kerbau, kambing, dan unggas.

Jakfar menjelaskan bahwa untuk wilayah Kabupaten Aceh Besar, persediaan sapi jantan mencapai 2.532 ekor, kerbau jantan 739 ekor, kambing 1.307 ekor, dan unggas 30.484 ekor. Dalam rangka menjaga ketersediaan pasokan, petugas dari dinas tersebut akan terus berjaga di pasar hewan maupun di kecamatan-kecamatan.

Jakfar juga menyebutkan harga untuk daging sapi berkisar antara Rp160 hingga Rp170 ribu per kilogram, sementara harga daging kerbau berkisar antara Rp120 hingga Rp130 ribu per kilogram. Untuk unggas jenis ras, harga per ekor berkisar antara Rp50 hingga Rp60 ribu, sedangkan untuk unggas yang bukan ras (buras) berkisar antara Rp100 hingga Rp120 ribu per ekor.

Jakfar menambahkan bahwa meskipun tidak semua sapi lokal, sapi-sapi tersebut hasil peliharaan peternak di Kabupaten Aceh Besar. Dengan begitu, persediaan hewan ternak yang mencukupi dapat memastikan ketersediaan daging selama perayaan Meugang Ramadan nanti.[]

Ohya, Sahabat Pembaca.. Jika kalian punya cerita unik, artikel menarik, tips berguna atau pun berita kejadian terkini, Silakan kirim ke Admin Acheh Network..!!
Whatsapp:
0812-6537-7302 (Pesan saja/tidak menerima panggilan telepon)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Tinggalkan Komentar Anda

Iklan

REKOMENDASI UNTUK ANDA