24 C
id

Presiden Jokowi Minta Perum Bulog Menyerap Gabah Petani Sebanyak-banyaknya saat Musim Panen Raya

Presiden Jokowi Minta Perum Bulog Menyerap Gabah Petani Sebanyak-banyaknya saat Musim Panen Raya
Presiden Jokowi Minta Perum Bulog Menyerap Gabah Petani Sebanyak-banyaknya saat Musim Panen Raya (Foto: Humas)
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Perum Bulog untuk menyerap gabah petani sebanyak mungkin saat musim panen raya di beberapa daerah penghasil padi. Hal ini disampaikan oleh Presiden ketika ia meresmikan sentra penggilingan padi milik Perum Bulog di Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, pada Sabtu, 11 Maret 2023. "Oleh karena itu, saya minta kepada Perum Bulog untuk menyerap gabah petani sebanyak mungkin," kata Jokowi seperti yang dikutip dari ANTARA pada 11 Maret 2023.

Presiden juga menekankan pentingnya penerapan harga gabah kering panen (GKP) yang ideal dalam penyerapan gabah petani. Harga GKP akan ditentukan oleh Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas), Arief Prasetyo Adi.

Menurut Presiden, hal ini penting untuk menjaga keseimbangan harga di antara petani, penjual, dan masyarakat. Presiden juga mengatakan bahwa pemerintah ingin agar harga di petani dan pedagang wajar, sehingga semua pihak dapat untung dan harga konsumen juga pada posisi yang wajar. Namun, Presiden mengakui bahwa menjaga keseimbangan harga ini bukanlah persoalan yang mudah.

Untuk membantu terciptanya keseimbangan harga, Presiden menegaskan pentingnya peran Bulog dalam menjaga stok cadangan beras nasional sebanyak 2,4 juta ton. "Tahun ini saya perintahkan Bulog untuk siap dengan angka 2,4 juta ton, sehingga akan membawa stabilitas harga kita lebih baik," ujar Presiden. Bulog telah mengoperasikan fasilitas penggilingan padi modern di enam daerah lainnya, yakni Subang, Kendal, Karawang, Lampung, Bojonegoro, dan Magetan.[]

Ohya, Sahabat Pembaca.. Jika kalian punya cerita unik, artikel menarik, tips berguna atau pun berita kejadian terkini, Silakan kirim ke Admin Acheh Network..!!
Whatsapp:
0812-6537-7302 (Pesan saja/tidak menerima panggilan telepon)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Tinggalkan Komentar Anda

iklan

REKOMENDASI UNTUK ANDA