24 C
id

Sucikan Badan Sebelum Ramadhan, Tata Cara Mandi Besar dan Niatnya

Sucikan Badan Sebelum Ramadhan, Tata Cara Mandi Besar dan Niatnya
Ilustrasi orang mandi. (Foto: Pixabay)
ACHEHNETWORK.COM -  Menyambut Bulan Suci Ramadhan 1444 H, banyak persiapan yang bisa dilakukan oleh umat Muslim. Salah satu persiapan yang penting adalah menyucikan diri dari segala hadas, termasuk dengan mandi wajib atau mandi besar.

Mandi besar sebelum puasa Ramadhan merupakan tindakan bersuci yang sangat dianjurkan bagi umat Muslim, terutama untuk menjaga keadaan suci dari hadas besar saat berpuasa. Namun, mandi besar memiliki tata cara yang berbeda dengan mandi biasa.

Berikut adalah tata cara mandi keramas atau mandi besar sebelum puasa Ramadhan, beserta bacaan niat dan hukumnya :

Baca Niat

Bacalah niat mandi wajib untuk menghilangkan hadas besar sebelum melakukan mandi keramas. Niat ini penting untuk membedakan mandi wajib dengan mandi biasa. Lafaz niat dapat diucapkan sebagai berikut:

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ اْلاَكْبَرِ فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

“NAWAITUL GHUSLALIROF'IL HADATSIL FARDONB LILLAAHI TA'AALAA”

Artinya:

“Aku berniat mandi untuk menghilangkan hadas besar, fardhu karena Allah Taala”

Selain itu, dapat juga dibaca niat mandi sunah memasuki bulan Ramadan, yaitu:

Nawaitu guslal lidhukulissyiami romadhoona sunatal lillahi ta'alla.”

Artinya:

“Aku berniat mandi sunah memasuki bulan Ramadan karena Allah Ta’ala.”

Bersihkan Telapak Tangan

Cuci dan bersihkan kedua telapak tangan dengan baik, lalu ulangi tiga kali. Hal ini sesuai dengan hadis yang menjelaskan bahwa Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam memulai mandi junub dengan mencuci kedua telapak tangan tiga kali.

عَنْ عَائِشَةَ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اغْتَسَلَ مِنْ الْجَنَابَةِ فَبَدَأَ فَغَسَلَ كَفَّيْهِ ثَلَاثًا

Dari Aisyah bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam mandi karena junub, maka beliau memulainya dengan mencuci kedua telapak tangannya tiga kali.(HR. Muslim)

Cuci Kemaluan

Cuci dan bersihkan kemaluan dari kotoran yang ada padanya serta sekitarnya.

Berwudhu

Lakukan wudhu seperti ketika hendak shalat.

Basuh Rambut, Sela Pangkal Kepala

Masukkan telapak tangan ke dalam air, atau ambil air dengan kedua telapak tangan jika menggunakan shower. Lalu gosokkan ke kulit kepala dan siramlah kepala tiga kali.

Siram dan Bersihkan Anggota Tubuh

Pastikan seluruh anggota tubuh tersiram air dan dibersihkan, termasuk bagian-bagian yang tersembunyi seperti ketiak dan sela jari kaki.

Dalam melakukan mandi keramas sebelum puasa Ramadhan, sebaiknya umat Muslim memperhatikan dengan baik setiap tahapannya, serta memahami hukum dan bacaan niat yang harus diucapkan. Dengan melakukan mandi besar secara benar dan teratur, diharapkan umat Muslim dapat menjaga keadaan suci dari hadas besar dan beribadah dengan lebih khusyuk selama menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan.[]

Ohya, Sahabat Pembaca.. Jika kalian punya cerita unik, artikel menarik, tips berguna atau pun berita kejadian terkini, Silakan kirim ke Admin Acheh Network..!!
Whatsapp:
0812-6537-7302 (Pesan saja/tidak menerima panggilan telepon)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Tinggalkan Komentar Anda

Iklan

REKOMENDASI UNTUK ANDA