24 C
id

TNI Gabungan Tangkap 12 Imigran Etnis Rohingya yang Melarikan Diri di Aceh Besar

TNI Gabungan Tangkap 12 Imigran Etnis Rohingya yang Melarikan Diri di Aceh Besar
Tim gabungan yang terdiri dari Deninteldam IM (Laksus), BAIS TNI, dan Unit Intel Kodim 0101/KBA Pos Aceh Besar berhasil menangkap 12 imigran etnis Rohingya yang hendak melarikan diri ke Medan.
BANDA ACEH - 12 laki-laki imigran etnis Rohingya telah ditangkap oleh personel TNI gabungan yang terdiri dari Deninteldam IM (Laksus), BAIS TNI, dan Unit Intel Kodim 0101/KBA Pos Aceh Besar. Para imigran asal Myanmar tersebut diduga melarikan diri dari tempat pengungsian di Panti Asuhan UPTD Rumoh Sejahtera Beujroh Meukarya (RSBM) milik Dinas Sosial Aceh di Ladong, Aceh Besar. Mereka diamankan oleh personel gabungan intel TNI saat hendak naik mobil penumpang Hiace di tepi jalan lintas Banda Aceh-Medan, tepatnya di Lambaro, Aceh Besar pada Senin (20/3/2023) malam.

Informasi awal mengenai keberadaan 12 imigran Rohingya yang melarikan diri tersebut didapat dari masyarakat setempat yang merasa curiga dengan keberadaan warga asing di kawasan tersebut. Selain 12 Rohingya, personel TNI juga berhasil mengamankan seorang yang diduga sebagai agen atau calo.

Keduabelas imigran Rohingya yang hendak melarikan diri tersebut adalah Abdul Manan, Md Tareq, Md Hamid, Md Hubaib, Siddek Ahmed, Md Siddiq, Ziyabullah, Rahmatullah, Abul Bosir, Ismail, Mukhtar Husain, dan Abdullah. Sementara itu, yang diduga sebagai agen adalah Mohhammed Alam Mohd Sharif, warga Myanmar yang juga merupakan pengungsi Camp Rohingya Kota Medan, Sumatera Utara.

Pada Selasa (21/3/2023), ke-12 imigran etnis Rohingya tersebut telah dikembalikan ke Panti Asuhan UPTD Rumoh Sejahtera Beujroh Meukarya (RSBM) milik Dinas Sosial Aceh di Ladong, Aceh Besar. Sedangkan untuk pria yang diduga sebagai agen beserta sopir yang hendak mengakut warga Rohingnya tersebut ke Medan telah diamankan di Mapolresta untuk dilakukan penyelidikan lebih lanjut.

Kapolresta Banda Aceh menjelaskan bahwa "ada 12 orang yang merupakan warga Rohingya yang mencoba melarikan diri, namun sudah ditangkap oleh personel gabungan intel TNI, dan kini mereka sudah diserahkan kepada kita. Kemudian kita kembalikan ke penampungan". Kombes Fahmi Irwan Ramli, SH, SIK, MSi selaku Kapolresta Banda Aceh mengatakan hal tersebut melalui Kasat Reskrim, Kompol Fadhillah Aditya Pratama, pada Selasa (21/3/2023) malam.

Kompol Fadhillah Aditya Pratama menyebutkan bahwa dari hasil pemeriksaan singkat, diketahui bahwa sebanyak 12 orang pengungsi Rohingya yang melarikan diri dari tempat penampungan sementara UPTD Dinsos Aceh di Ladong, Kecamatan Mesjid Raya, Aceh Besar tersebut sudah direncanakan dengan matang oleh Mohhammed Alam Mohd Sharif yang berasal dari Camp Pengungsi Rohingya Kota Medan, Sumut. "12 orang tersebut hendak dibawa kabur ke Medan oleh sopir mobil Hiace yang juga diamankan bersama dengan Mohhammed Alam Mohd Sharif," tambahnya.

Kasat Reskrim juga menegaskan bahwa pihak kepolisian akan terus melakukan penyelidikan lebih lanjut terkait dengan kasus ini, dan akan menindak tegas siapa saja yang terlibat dalam kegiatan ilegal seperti penyelundupan manusia. "Kami akan berusaha untuk mengungkap siapa saja yang terlibat dalam kegiatan ini, dan akan memberikan sanksi sesuai dengan hukum yang berlaku," ujarnya.

Kasus ini menunjukkan betapa pentingnya kerjasama antara berbagai instansi dalam mengatasi masalah penyelundupan manusia. Kita harus menghargai hak asasi manusia dan memastikan bahwa orang-orang yang membutuhkan perlindungan mendapatkan bantuan yang mereka butuhkan. Namun, kita juga harus menegakkan hukum dan menghukum siapa saja yang terlibat dalam kegiatan ilegal seperti penyelundupan manusia, karena hal ini dapat merugikan orang lain dan melanggar hak asasi manusia.[]

Ohya, Sahabat Pembaca.. Jika kalian punya cerita unik, artikel menarik, tips berguna atau pun berita kejadian terkini, Silakan kirim ke Admin Acheh Network..!!
Whatsapp:
0812-6537-7302 (Pesan saja/tidak menerima panggilan telepon)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Tinggalkan Komentar Anda

Iklan

REKOMENDASI UNTUK ANDA