24 C
id

900 Personel TNI Dikirim ke Papua untuk Gantikan Pasukan Pencarian Pilot Susi Air

Operasi Militer
Personel TNI. (Foto: tangkapan layar via Populis/Iwan Adisaputra)
JAKARTA - Sebanyak 900 personel TNI dikirim ke Papua untuk menggantikan pasukan yang sebelumnya bertugas dalam operasi pencarian pilot Susi Air Philip Mehrtens yang masih ditawan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Pasukan baru ini telah tiba di Papua dan segera disebar ke beberapa wilayah di Papua Pegunungan. Upacara penerimaan dilaksanakan di Lapangan Pancasila, Rindam XVII/Cenderawasih, Sabtu (15/4/2023) lalu sebagai tanda pergantian pasukan tersebut.

Dankolakops TNI Operasi Pencarian Pilot Susi Air, Brigjen TNI J.O. Sembiring, menjelaskan bahwa pasukan baru akan melakukan kegiatan teritorial dan taktis tempur lainnya.

Selain itu, 900 personel TNI juga ditugaskan untuk mencegah upaya-upaya KKB untuk menghambat pencarian pilot Susi Air tersebut. Pasukan tersebut akan ditempatkan di beberapa wilayah seperti Lanny Jaya, Yalimo Mamteng, dan Mamberamo Raya.

Komnas HAM Perwakilan Papua mengungkapkan bahwa saat ini KKB meminta pihak TNI untuk berdiplomasi. Mereka menjamin keselamatan pilot Susi Air yang ditawan dan bersedia membebaskannya, jika TNI-Polri bersedia menarik pasukannya dari Papua.

Ketua Komnas HAM Papua, Frits B. Ramandey, meminta Kapolda Papua untuk memberikan perhatian serius dalam upaya penegakan hukum untuk kasus kerusuhan di Wamena dan Dogiyai.

Pangdam Kodam XVII/Cenderawasih mempersilakan semua pihak, baik tokoh gereja, tokoh masyarakat, maupun tim Komnas HAM, untuk membantu melakukan berbagai upaya negosiasi demi keselamatan jiwa pilot tersebut. Kodam XVII/Cenderawasih mendukung setiap upaya yang dilakukan dengan tujuan utama keselamatan jiwa pilot Susi Air.[]

Ohya, Sahabat Pembaca.. Jika kalian punya cerita unik, artikel menarik, tips berguna atau pun berita kejadian terkini, Silakan kirim ke Admin Acheh Network..!!
Whatsapp:
0812-6537-7302 (Pesan saja/tidak menerima panggilan telepon)

ARTIKEL TERKAIT

Baca Juga Ya!

Terupdate Lainnya

Tinggalkan Komentar Anda

Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan
Iklan

REKOMENDASI UNTUK ANDA