24 C
id

Realisasi Serapan Dana APBA 2023 di Aceh Masih Rendah, Kepala Bappeda Minta Kinerja Dipacu

Realisasi Serapan Dana APBA 2023 di Aceh Masih Rendah, Kepala Bappeda Minta Kinerja Dipacu
Kepala Bappeda Aceh, HT Ahmad Dadek SH MH. (Foto: Humas)
BANDA ACEH - Realisasi anggaran APBA 2023 hingga tanggal 30 Maret 2023 hanya mencapai 9,7 persen dari total pagu sebesar Rp 11 triliun. Kinerja penyerapan anggaran yang sangat rendah ini membuat kepala Bappeda Aceh, Dr H T Ahmad Dadek, SH, MH menekankan agar para kepala SKPA maupun Pj Bupati/Pj wali kota memacu kinerja penyerapan APBA dan DOKA 2023 lebih intensif lagi, terutama selama bulan puasa Ramadhan ini.

Menurut Dadek, rendahnya serapan anggaran APBA 2023 disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya hanya 4 dari 55 SKPA yang mencapai target penyerapan anggaran bulanannya di bulan Maret, sementara 51 SKPA lainnya mengalami minus atau belum mencapai target. Beberapa SKPA yang belum mencapai targetnya adalah Dinas Dayah, Baitul Mal, dan Biro Pemotda.

Selain itu, masih banyak proyek yang sudah ada pemenang, tetapi belum dikontrakkan kepada rekanan, sehingga pembayaran uang muka proyek sebesar 20 persen dari nilai kontrak belum bisa dilakukan.

Lebih lanjut, terdapat 592 paket proyek APBA senilai Rp 984 miliar yang akan dilelang secara terbuka, namun sebanyak 338 paket dokumen lelangnya belum diserahkan ke LPSE. Beberapa SKPA yang belum menyerahkan dokumen lelang proyeknya adalah BRA, SKP, Budpar, Dinkes, Pengairan, dan Distanbun. Sementara itu, dari 549 paket proyek DOKA 2023 yang akan dilelang, sebanyak 413 paket proyek belum menyerahkan dokumen lelangnya.

Oleh karena itu, kepala Bappeda Aceh meminta agar SKPA Lingkup Pemerintah Aceh dan Pemerintah Kabupaten/Kota meningkatkan kinerja APBA dan DOKA 2023, sehingga daya serap anggaran secara umum bisa meningkat kembali.

Kepala Bappeda Aceh juga meminta agar dinas yang memiliki proyek yang sudah ada pemenang untuk segera melakukan kontrak kepada rekanan, dan SKPA yang belum menyerahkan dokumen lelang proyeknya untuk segera menyerahkannya ke LPSE agar dapat dilelang secara terbuka.[]

Ohya, Sahabat Pembaca.. Jika kalian punya cerita unik, artikel menarik, tips berguna atau pun berita kejadian terkini, Silakan kirim ke Admin Acheh Network..!!
Whatsapp:
0812-6537-7302 (Pesan saja/tidak menerima panggilan telepon)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Tinggalkan Komentar Anda

iklan

REKOMENDASI UNTUK ANDA