24 C
id

Miris! Pembangunan Gedung BPKA Senilai Rp34,7 Miliar di Aceh Mangkrak di Tengah Kota

pembangunan gedung BPKA
Gedung Badan Pengelolaan Keuangan Aceh (BPKA) senilai Rp34,7 miliar terlantar. (Foto:Tangkapan layar/ Net)
BANDA ACEH -  Gedung Badan Pengelolaan Keuangan Aceh (BPKA) senilai Rp34,7 miliar terlantar dan tidak menarik perhatian sejak akhir pengerjaan pada 22 Desember 2022. Bangunan yang terletak tepat di depan Kantor Gubernur Aceh ini benar-benar mengundang keprihatinan.

Menurut seorang wartawan media online yang melaporkan pada Kamis, 8 Juni 2023, tidak ada jejak gedung yang berdiri kokoh. Yang terlihat hanya pondasi bangunan yang baru saja selesai dikerjakan, dengan sekitarnya dipenuhi tumpukan material sisa pembangunan.

Informasi yang dikumpulkan dari lpse.acehprov.go.id mengungkapkan bahwa anggaran untuk gedung BPKA ini mencapai Rp34,7 miliar lebih. Sementara itu, kontraktor proyek yang ditunjuk adalah PT Adik Abang Qanita Pratama dengan nilai kontrak mencapai Rp33,7 miliar lebih. Proyek ini dikerjakan oleh Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perkim) Aceh.

Lokasi gedung ini terletak di Jalan T Panglima Nyak Makam, tepatnya di depan Kantor Gubernur Aceh. Namun, jika melintas di sekitar area tersebut, hanya terlihat proyek pembangunan yang dikelilingi pagar hitam berbahan seng genteng metal. Tidak ada jejak rangka bangunan yang menjulang tinggi.

Informasi yang tercantum di laman LPSE menyebutkan bahwa bangunan ini didanai melalui Anggaran Pendapatan Belanja Aceh (APBA) tahun anggaran (TA) 2022, dengan harapan dapat diselesaikan pada 22 Desember 2022. Pengerjaannya direncanakan berlangsung selama 215 hari atau sekitar tujuh bulan.

Namun, faktanya hingga Juni 2023, hanya pondasi yang terlihat di lokasi pembangunan tersebut. Situasi ini sangat memprihatinkan.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perkim) Aceh, M Adam, telah menyatakan kesiapannya untuk memberikan wawancara langsung terkait bangunan yang terbengkalai ini pada hari Jumat, 9 Juni 2023.(*)

Ohya, Sahabat Pembaca.. Jika kalian punya cerita unik, artikel menarik, tips berguna atau pun berita kejadian terkini, Silakan kirim ke Admin Acheh Network..!!
Whatsapp:
0812-6537-7302 (Pesan saja/tidak menerima panggilan telepon)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Tinggalkan Komentar Anda

Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

REKOMENDASI UNTUK ANDA