24 C
id

Keren! Pemerintah Pusat Anggarkan Rp60 Miliar untuk Renovasi Stadion H Dimurthala Bertaraf Internasional, Menyambut PON XXI Aceh Sumut 2024

 

Renovasi Stadion H Dimurthala, PON XXI Aceh Sumut 2024, Kota Banda Aceh, Standar Internasional, Anggaran Rp60 Miliar, Kementerian PUPR, Dinas Pemuda dan Olahraga Banda Aceh, Persiapan Pekan Olahraga Nasional, Prioritas renovasi PON
Ilustrasi Pemerintah Pusat Anggarkan Rp60 Miliar untuk Renovasi Stadion H Dimurthala Bertaraf Internasional (Foto: Pexels/Pablo Cordero)

Achehnetwork.com, Banda Aceh - Kejayaan olahraga nasional kembali menggeliat dengan rencana ambisius Pemerintah Pusat untuk merenovasi Stadion H Dimurthala di Kota Banda Aceh.


Stadion ini akan menjadi salah satu persembahan dari Provinsi Aceh untuk menyambut Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh Sumut yang akan digelar pada tahun 2024.

Dengan anggaran mencapai Rp60 miliar, stadion ini akan mendapatkan sentuhan berstandar internasional yang menakjubkan.


Reza Kamilin, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Banda Aceh, dengan antusias menyampaikan bahwa seluruh dana untuk renovasi stadion, termasuk perencanaan, pengerjaan, dan pengawasan, akan dipenuhi oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia.

"Kabarnya, anggaran mencapai Rp60 miliar. Kita doakan bersama semoga pasca PON kita akan memiliki Stadion H Dimurthala Lampineung yang bertaraf internasional," ujar Reza Kamilin.


Renovasi Stadion H Dimurthala Lampineung ini menjadi prioritas dalam persiapan PON dan diharapkan dapat diselesaikan dalam waktu 3 bulan.

Reza menambahkan bahwa progres terakhir dari Kementerian PU menunjukkan bahwa proses perencanaan sedang berlangsung, dan pengerjaan akan segera memasuki tahap tender atau bahkan mungkin sudah tender.


Selain itu, Reza memberikan jaminan bahwa meskipun renovasi akan dimulai pada Oktober atau November, Persiraja, tim sepak bola terkenal dari Banda Aceh, kemungkinan masih bisa menggunakan Stadion H Dimurthala Lampineung pada bulan September atau Oktober.

Hal ini menjadi penting mengingat pertandingan Liga 2 yang diorganisir oleh PSSI dijadwalkan akan berlangsung pada bulan September.


"Seluruh dana untuk rehab stadion ini dari perencanaan, pengerjaan, hingga pengawasan, Alhamdulillah, berasal dari APBN melalui Kementerian PU," ucapnya.

Reza juga menyampaikan bahwa segera setelah dokumen perencanaannya siap, pihaknya akan segera memberitahukan kepada rekan-rekan media sebagai langkah transparansi dan keterbukaan dalam proyek renovasi yang begitu penting ini.


Renovasi Stadion H Dimurthala Lampineung menjadi bukti nyata komitmen Pemerintah Pusat dan Provinsi Aceh dalam menggelar PON XXI Aceh Sumut 2024 dengan sukses dan kemegahan.

Selain menjadi ajang prestisius bagi para atlet nasional, peristiwa ini juga akan menjadi momen penting untuk membanggakan Indonesia di mata dunia.

Semoga, dengan stadion yang terbarukan, atlet dan penonton dapat merasakan semangat olahraga yang lebih membara dan prestasi yang semakin gemilang di PON mendatang.(*)

Sumber: AJNN

Dapatkan update berita dan artikel menarik lainnya dari Acheh Network di GOOGLE NEWS

Ikuti kami di Fb Acheh Network Media

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya