24 C
id

Parah Ni! Aksi Pencurian Kotak Amal di Masjid Al-Amilin Bener Meriah Terekam CCTV

Pencurian kotak amal, Masjid Al-Amilin, Kampung Pante Raya, Kecamatan Wih Pesam, Bener Meriah, CCTV, perampokan, kepolisian, sumbangan umat, ketangguhan masyarakat
Pelaku pencuri kotak amal tertangkap kamera CCTV (Foto: tangkapan layar)
Achehnetwork.com, Bener Meriah -  Kampung Pante Raya di Kecamatan Wih Pesam, Kabupaten Bener Meriah, diguncang oleh aksi perampokan yang berani di Masjid Al-Amilin.

Uang kotak amal yang seharusnya digunakan untuk amal dan kemaslahatan umat tiba-tiba raib begitu saja akibat ulah maling tak bertanggung jawab.

Adegan perampokan terekam jelas dalam rekaman CCTV masjid, meninggalkan ketegangan dan keprihatinan di hati warga.

Video dari kamera pengintai itu memperlihatkan seorang pria dengan baju biru dan sarung, berkeliling di dalam masjid seolah-olah memerhatikan situasi.

Tanpa ragu, dia mengambil kotak amal dengan hati-hati dan mengarahkannya ke area salat jamaah perempuan.

Sebelum melarikan diri melalui pintu belakang, dia memastikan uang dalam kotak amal dibungkus dengan sehelai mukena.


Kapolres Bener Meriah, AKBP Nanang Indra Bakti, melalui Kapolsek Wih Pesam, Ipda Saifuddin, mengungkapkan kronologi perampokan itu terjadi pada Rabu, 19 Juli 2023.

Saat itu, Agus Salim, salah satu panitia masjid Al-Amilin, merasa terkejut setelah menemukan kotak amal yang sebelumnya berada di depan pintu kini berpindah tempat ke area salat perempuan.

Kejadian ini terjadi sebelum pelaksanaan salat Dzuhur.


"Pada saat Agus memeriksa sekeliling masjid seperti biasa, dia melihat tirai di tempat perempuan tergeser, dan dari situlah dia menyadari bahwa kotak amal sudah tidak ada di tempat semula," ungkap Saifuddin.

Dengan gembok yang rusak, uang dalam kotak amal hilang begitu saja tanpa meninggalkan jejak. 

Diperkirakan jumlahnya mencapai lebih dari Rp5 juta, yang sebelumnya biasa terkumpul dari sumbangan umat selama dua minggu.


"Hasil sumbangan umat yang terkumpul selama itu biasanya mencapai Rp5,3 juta, namun kini semua hilang begitu saja," tambahnya.


Kejadian ini menimbulkan keprihatinan di kalangan warga dan masyarakat sekitar.

Pihak kepolisian telah mulai melakukan penyelidikan serius untuk mengungkap identitas perampok dan mengembalikan keamanan di Masjid Al-Amilin.

Rekaman CCTV menjadi salah satu bukti penting yang sedang dianalisis untuk membantu menemukan jejak perampok tersebut.


Peristiwa ini telah menguji ketangguhan masyarakat di Kecamatan Wih Pesam, namun semangat untuk menghadapi dan memperbaiki keadaan tetap ada.

Semoga tindakan cepat dari pihak berwenang dapat membawa pelaku keadilan dan mengembalikan ketentraman bagi masjid dan umat di Kampung Pante Raya yang dicintai.(*)

Dapatkan update berita dan artikel menarik lainnya dari Acheh Network di GOOGLE NEWS

Ikuti kami di Fb Acheh Network Media

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya