24 C
id

Ternyata Ini Nih! Kepanjangan dari Sanger, Minuman Kafein Khas dari Aceh

Kopi Sanger Aceh, Warung Kopi Aceh, Minuman Kopi Khas Aceh, Kopi Sanger: Kisah dan Keunikan, Tarik Kopi Aceh, Budaya Minum Kopi di Aceh, Kopi Susu Gula Aceh, Minuman Ikonik Aceh, Cerita di Balik Kopi Sanger
Kopi Sanger Aceh (Foto: Fb)
ACHEHNETWORK.COM - Aceh, sebuah provinsi yang terletak di Indonesia, memiliki Banda Aceh sebagai ibu kotanya. Selain julukan "Serambi Makkah", Aceh juga terkenal dengan sebutan "seribu satu warung kopi".

Bagi penduduk Aceh, minum kopi telah menjadi rutinitas yang tak terpisahkan.

Warung kopi bukan hanya sekadar tempat untuk menikmati minuman, tetapi juga menjadi tempat untuk berdiskusi, rapat, atau melakukan transaksi jual-beli sambil menyeruput kopi.

Pagi, siang, sore, dan malam hari, satu gelas kopi adalah sesuatu yang wajib diseruput oleh masyarakat Aceh.

Salah satu minuman kopi khas Aceh yang memiliki nama unik adalah kopi "sanger".

Asal usul nama "sanger" ini berasal dari kesepakatan antara pemilik warung kopi dan pelanggan.

Istilah "sanger" sebenarnya merupakan singkatan dari "sama-sama ngerti" sebagaimana dilansir dari badanbahasa.kemdikbud.go.id.

Konon, pelanggan yang menggunakan istilah "sanger" awalnya adalah sekelompok mahasiswa yang memiliki keterbatasan uang, tetapi tetap ingin menikmati minuman kopi dengan campuran susu dan gula.

Untuk mengakomodasi permintaan mereka, pemilik warung kopi menciptakan minuman dengan mencampurkan kopi, gula, dan susu dalam jumlah yang sedikit.

Akhirnya, racikan minuman kopi "sanger" lahir sebagai hasil pemahaman dan kesepahaman antara pemilik warung kopi dan mahasiswa tersebut.

Selain namanya yang unik, cara pembuatan kopi "sanger" juga memiliki keunikan tersendiri.

Pertama, kopi, gula, dan susu dikocok bersama dalam satu wadah.

Setelah tercampur rata, racikan kopi tersebut dipindahkan dari satu gelas ke gelas lain dengan cara diangkat tinggi-tinggi.

Proses pembuatan kopi seperti ini disebut dengan istilah "tarik".

Setiap tegukan dari kopi "sanger" Aceh tidak hanya memanjakan lidah dengan perpaduan rasa kopi, susu, dan gula yang pas, tetapi juga menyimpan cerita di balik setiap gelasnya.

Dalam setiap sajian kopi "sanger" terkandung kesepahaman, keakraban, dan keunikan yang mencerminkan budaya dan kehidupan masyarakat Aceh.(*)


Dapatkan update berita dan artikel menarik lainnya dari Acheh Network, Klik! GOOGLE NEWS

Ikuti juga kami di Fb, Klik! Acheh Network Media

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya