24 C
id

5 Kota Mati di Indonesia: Dulu Mewah dan Megah Kini Jadi Tempat Misterius yang Menghantui

Kota Mati Indonesia, Tempat-tempat Terabaikan
Ilustrasi 5 Kota Mati di Indonesia/Civita bagnoregio, Lazio, Italia (Foto: Pixabay.com/Palmik)
Travel, Acheh Network - Siapa sangka, di negara dengan penduduk keempat terbanyak di dunia, yaitu Indonesia dengan lebih dari 274 juta jiwa, ada tempat-tempat yang terabaikan dan terlupakan, layaknya kota mati di kisah-kisah legenda.

Meskipun Indonesia memiliki luas wilayah yang besar, tak jarang beberapa kota dan kampung pernah ramai penghuninya namun kini sepi dan menghantui.


Kota mati, sebuah fenomena yang mungkin sulit diterima di tengah kemegahan Indonesia, namun faktanya nyata.

Bahkan, beberapa di antaranya bahkan dihapus dari peta dan kerap dijadikan tempat penuh misteri dan uji nyali oleh petualang.


Mari kita simak deretan kota mati di Indonesia yang tak hanya menarik perhatian, tetapi juga menimbulkan rasa ingin tahu, seperti yang diulas dalam video di kanal YouTube @catatanini pada Sabtu, 12 Agustus 2023.



1. Kampung Sidamukti

Kota Mati Indonesia, Tempat-tempat Terabaikan, Kota Mati di Jawa Barat, Kampung Sidamukti, Kota Mati di Jakarta Timur, Kampung Mati Vietnam, Desa Berastepu Sumatera Utara, Marina City Batam, Kota Mati Tommy Soeharto
Kampung Sidamukti, Majalengka (Foto: Beritahits.id/YT. BucinTV)
Beralih ke Jawa Barat, khususnya di Majalengka, terdapat Kampung Sidamukti yang sudah tak berpenghuni sejak tahun 2001.

Tanah longsor menjadi penyebab utama pengungsian penduduk dari kampung ini. Kini, hanya 200 bangunan kosong yang menyisakan kesan sepi dan hampa.

Keangkeran Kampung Sidamukti bahkan menjadikannya sebagai lokasi uji nyali bagi petualang-petualang pemberani.



2. Kampung Mati Vietnam

Kota Mati Indonesia, Tempat-tempat Terabaikan, Kota Mati di Jawa Barat, Kampung Sidamukti, Kota Mati di Jakarta Timur, Kampung Mati Vietnam, Desa Berastepu Sumatera Utara, Marina City Batam, Kota Mati Tommy Soeharto
Kampung Vietnam, Jakarta Timur (Foto: BY91)
Di tengah keramaian Ibukota Jakarta, tepatnya di Kramat Jati, Jakarta Timur, ada sebuah kampung sepi yang dikenal sebagai Kampung Mati.

Pada masa Perang Vietnam 40 tahun silam, kampung ini digunakan sebagai tempat pengungsian bagi sekitar 250.000 warga Vietnam setelah mengalami kekalahan dari pasukan Amerika Serikat.

Meski sepi kini, bangunan gapura besar di kampung ini tetap berdiri kokoh, menjadi saksi bisu dari sejarah pengungsian dramatis tersebut.



3. Desa Berastepu

Berastepu
Berastepu Sumatera Utara (Foto: Travel.Okezone/YouTube Wira Gin's)
Mendekati Gunung Sinabung di Sumatera Utara, Desa Berastepu di Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Karo, telah menjadi desa mati sejak tahun 2013 akibat letusan gunung berapi yang menghancurkan segalanya.

Dulu, desa ini dihuni oleh sekitar 200 kepala keluarga.

Namun, setelah letusan dahsyat tersebut, seluruh desa menjadi tanah tak berpenghuni yang ditumbuhi tanaman liar dan semak belukar.



4. Marina City

Marina Batam City
Marina Batam City (Radar Mukomuko)
Kota mati ini terletak di Pulau Batam, tak jauh dari Singapura, dulu dikenal sebagai pusat judi terbesar di Asia Tenggara.

Bangunan-bangunan bergaya Eropa yang megah kini dibiarkan terbengkalai, setelah kebijakan larangan perjudian diterapkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.


Lanjut Halaman 2..


5. Kota Mati Tommy Soeharto

Kota Mati Tommy Soeharto
Kota Mati Tommy Soeharto (Foto: detiknews)
Proyek megah Tommy Soeharto di Karawang, Jawa Barat, pernah menjadi mimpi besar. Lahan karet seluas 1200 hektar diambil oleh perusahaan keluarga Cendana pada 1991, lalu Tommy Soeharto mendirikan perusahaan mobil dan perumahan di sana.

Namun, gagal membayar pajak dan krisis ekonomi pada 1998 mengubahnya menjadi kota mati, menghapusnya dari peta Indonesia.


Kota mati di Indonesia tak hanya menyimpan kisah-kisah penuh misteri, tetapi juga memicu rasa ingin tahu akan sejarah dan nasib tragis yang menimpa tempat-tempat ini.(*)

Dapatkan update berita dan artikel menarik lainnya dari Acheh Network di Google News

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya