24 C
id

Pemerintah Aceh Salurkan Donasi Rp11 Miliar untuk Korban Gempa Turki: Wujud Solidaritas Pasca Bencana

Pemerintah Aceh, Donasi Gempa Turki, Solidaritas Internasional, Duta Besar Turki, Hubungan Indonesia-Turki, Bantuan Korban Bencana
Pemerintah Aceh Salurkan Donasi Rp11 Miliar untuk Korban Gempa Turki (Humas BPPA)
Jakarta - Pemerintah Provinsi Aceh telah menggelar seremoni penyerahan donasi bagi para korban bencana gempa bumi di Turki yang terjadi pada bulan Februari 2023 lalu.

Donasi yang mencapai total lebih dari Rp11 miliar ini diserahkan melalui Kedutaan Besar Turki dan diterima oleh Duta Besar Republik Turki untuk Indonesia, Talip Küçükcan.


Upacara penyerahan donasi ini berlangsung di ruang kerja Duta Besar Turki yang berlokasi di Jalan HR. Rasuna Said, Kuningan Timur Setiabudi, Jakarta Selatan, pada hari Kamis, 24 Agustus 2023.

Acara tersebut dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, antara lain Kepala Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Ilyas, yang mewakili Penjabat Gubernur Aceh, serta di dampingi oleh kepala Badan Penghubung Pemerintah Aceh (BPPA) Akkar Arafat dan Ketua Forum Pengurangan Risiko Bencana (Forum PRB) Aceh, Muhammad Hasan.


Dalam kesempatan ini, Kepala BPBA Ilyas menyampaikan bahwa donasi yang diberikan merupakan wujud solidaritas yang tinggi dari masyarakat Aceh terhadap masyarakat korban gempa di Turki, terutama bagi mereka yang masih merasakan dampaknya beberapa bulan setelah kejadian.

Langkah ini sejalan dengan Instruksi Penjabat Gubernur Aceh Achmad Marzuki yang mengajak seluruh komponen masyarakat, termasuk Bupati/Wali Kota, SKPA, BUMN, BUMA, dan instansi vertikal, untuk memberikan dukungan dan simpati kepada para korban bencana di Turki.


Ilyas menambahkan, "Ini merupakan penyerahan donasi akhir yang telah terkumpul. Totalnya mencapai Rp11 miliar yang berasal dari berbagai kalangan di seluruh Kabupaten/Kota di Aceh."

Ia juga menjelaskan bahwa donasi tersebut merupakan hasil kerja sama antara Pemerintah dan masyarakat Aceh yang tergabung dalam Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB), yang dikoordinir oleh BPBA.

Kepala BPBA juga mengingatkan akan eratnya hubungan antara Indonesia, khususnya Aceh, dengan Turki. Ia menyebut bahwa Turki telah memberikan kontribusi besar dalam upaya rehabilitasi dan rekonstruksi Aceh pasca-tsunami pada tahun 2004.

"Turki adalah salah satu negara yang secara aktif membantu Aceh saat tsunami melanda pada Desember 2004. Kita tidak akan melupakan bantuan besar yang diberikan oleh Turki untuk membantu korban tsunami di Aceh," ujarnya.

Oleh karena itu, masyarakat Aceh dengan tulus memberikan bantuan kepada Turki yang saat ini menghadapi musibah gempa. Ilyas menegaskan bahwa rasa kasih sayang masyarakat Aceh terhadap Turki sangat kuat, karena kedua wilayah ini memiliki hubungan sejarah yang erat.

Duta Besar Republik Turki untuk Indonesia, Talip Küçükcan, mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh masyarakat Aceh.

Ia juga menyatakan bahwa sumbangan tersebut akan diteruskan kepada para korban gempa di Turki sesuai dengan mekanisme yang berlaku.


"Saya berharap bahwa dukungan ini akan memperkuat hubungan antara Turki dan Aceh, serta antara Turki dan Indonesia di masa depan," kata Talip.

Ia juga mengungkapkan rencananya untuk mengunjungi Aceh guna menguatkan hubungan emosional yang tinggi antara kedua belah pihak.

"Kami berencana untuk mengunjungi Aceh, mungkin bersama dengan beberapa orang yang pernah datang ke Aceh pada saat tsunami tahun 2004. Ini dapat menjadi langkah penting dalam mempererat hubungan antara Turki dan Aceh," imbuhnya.(*)

Dapatkan update berita dan artikel menarik lainnya dari Acheh Network di Google News

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya