24 C
id

Banjir Melanda di Tiga Kecamatan di Kabupaten Simeulue: Warga Terendam 80 cm Air

Banjir Simeulue, Ate Fulawan, Aceh
Banjir di Simeulue (Foto: Antara)

Simeulue, Acheh Network - Hujan deras yang tak hentinya mengguyur Kabupaten Simeulue, Provinsi Aceh, telah mengakibatkan tiga kecamatan tenggelam dalam banjir.

Dampak dari cuaca ekstrem ini, air bah bahkan mencapai ketinggian hingga 80 sentimeter, membuat warga setempat terjebak dalam situasi darurat.


Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Ilyas, mengungkapkan bahwa bencana banjir yang melanda wilayah tersebut telah terjadi sejak Selasa, 19 September 2023, pada pukul 19.00 WIB.

Menurutnya, intensitas hujan yang tak kunjung reda mengakibatkan genangan air meluas di berbagai wilayah Kabupaten Simeulue, dengan ketinggian mencapai 60 sentimeter pada beberapa tempat.


Kecamatan yang paling parah terdampak adalah Kecamatan Simeulue Timur, yang mencakup Gampong Suak Buluh dan Gampong Air Dinging.

Selain itu, Kecamatan Teupah Tengah juga menghadapi kondisi serupa, dengan Gampong Labuah, Gampong Nancawa, Gampong Abail, Gampong Simpang Abail, Gampong Sua Sua, dan Gampong Situbuk terendam banjir.

Kecamatan Teupah Barat, termasuk Gampong Aweul Seubel, juga ikut terkena dampaknya.


Selain membanjiri permukiman warga, banjir juga menggenangi badan jalan di Desa Abail, yang menghubungkan Kecamatan Simeulue Timur dengan Kecamatan Teupah Tengah, serta jalan menuju Bandara Lasikin.

Hal ini mengakibatkan terputusnya arus transportasi darat di wilayah tersebut.


Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Simeulue telah bergerak cepat dengan mengerahkan perahu karet ke lokasi banjir untuk melakukan evakuasi terhadap warga yang terdampak. 

Meskipun upaya penyelamatan sudah berlangsung, data mengenai jumlah korban terdampak dan pengungsi masih dalam tahap pendataan.


Sementara itu, kondisi terakhir melaporkan bahwa air masih terus menggenangi pemukiman warga, dan tim darurat terus berusaha untuk membantu masyarakat yang terjebak dalam situasi sulit ini.

Kami akan terus memantau perkembangan situasi ini dan memberikan informasi terbaru seiring berjalannya waktu.(*)

Dapatkan update berita dan artikel menarik lainnya dari Acheh Network di Google News

Ikuti kami di Fb Acheh Network Media

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya