Acheh Network - Megaproyek di Indonesia selalu menjadi sorotan seiring berjalannya waktu, dari masa pemerintahan presiden pertama hingga saat ini.


Namun, sayangnya, banyak dari megaproyek tersebut ternyata menjadi ladang korupsi bagi sebagian oknum.


Salah satu megaproyek yang pernah digagas di Indonesia, khususnya di Jawa Barat, adalah proyek yang direncanakan menjadi pusat pelatihan olahraga bertaraf internasional.

Proyek ini telah menghabiskan dana sekitar Rp2,5 triliun.


Awalnya, proyek ini tampak seperti proyek biasa-biasa saja di Bogor, Jawa Barat.

Namun, kurang dari satu tahun setelah dimulai, Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) mendeteksi adanya praktik korupsi yang terjadi di dalam proyek ini.

Beberapa tokoh terkenal termasuk mantan Menteri Pemuda dan Olahraga, eks Direktur Operasional PT Adhi Karya (Persero) pada masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), dan mantan Ketua Umum Partai Demokrat saat itu terlibat dalam praktik korupsi ini.


Dalam hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), terungkap bahwa kerugian yang dialami negara mencapai Rp706 miliar akibat proyek ini.

Selain itu, masih ada kerugian lain yang harus ditanggung negara terkait megaproyek ini.


Setelah praktik korupsi ini terbongkar, pembangunan yang diharapkan menjadi pusat olahraga internasional terbesar di Jawa Barat pun terhenti.

Impian pemerintah untuk memiliki fasilitas olahraga internasional berkualitas tinggi di wilayah ini harus terenggut.

Lanjut Halaman 2

Dilaporkan dalam video di kanal YouTube @Update_Pro, proyek besar ini, yang terletak di Bogor, Jawa Barat, sekarang tampak sangat memprihatinkan.

Gedung-gedung proyek ini kini tertutup oleh rerumputan liar, menciptakan pemandangan yang seram seperti bangunan tua yang terlantar.


Tentu saja, pertanyaannya adalah apakah proyek ini akan dihidupkan kembali di masa depan?

Kita perlu menunggu dan melihat apakah dalam kepemimpinan Presiden Joko Widodo proyek megaproyek yang terbengkalai di Jawa Barat ini akan diselesaikan.


Dari data yang telah disebutkan di atas, proyek megaproyek yang terhenti di Jawa Barat dan menghabiskan dana negara tersebut adalah Proyek Hambalang.

Semoga di masa depan, langkah-langkah akan diambil untuk menyelesaikan proyek ini dengan benar dan memberikan manfaat yang diharapkan bagi masyarakat.(*)

Dapatkan update berita dan artikel menarik lainnya dari Acheh Network di Google News

Ikuti kami di Fb Acheh Network Media