Edukasi, Acheh Network - Hai adik-adik yang cerdas! Selamat datang kembali dalam perjalanan belajar kita.

Kali ini, kita akan menjelajahi tema yang sangat menarik, yaitu "Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku," subtema 1. Yuk, kita mulai!


Pada awal bab ini, kita akan berbicara tentang hak dan kewajiban kita dalam memanfaatkan tumbuhan yang ada di sekitar kita.

Jadi, mari kita kupas bersama topik menarik ini!


Tapi, sebelum kita terlalu jauh, yuk coba pikirkan terlebih dahulu: Ketika adik Beni membuang makanannya, siapa saja yang mungkin dirugikan?

Hmm, mungkin ini bisa menjadi misteri kecil untuk dipecahkan.

Jangan terburu-buru melihat jawabannya, ya!


Setelah kalian mencoba merumuskan jawaban, mintalah bantuan orang tua atau teman untuk mengoreksi atau mencocokkan jawaban kalian dengan apa yang akan kita bahas berikut ini.


Sekarang, mari kita simak jawaban-jawaban yang mungkin akan membuat kita semakin paham tentang topik ini.


Ketika adik Beni membuang makanannya, sebenarnya ada beberapa pihak yang bisa dirugikan.

Yuk, kita lihat siapa saja yang bisa terkena dampaknya:

Lanjut Halaman 2

Para petani: Mereka telah bekerja keras mengolah sawah dan merawat tanaman padi hingga menjadi beras. Jika makanan dibuang begitu saja, jerih payah mereka akan sia-sia.


Orang tua Beni: Mereka juga mengeluarkan uang untuk membeli beras dan energi untuk menanak nasi menggunakan kompor atau listrik. Jika makanan dibuang, itu juga berarti uang dan energi yang terbuang percuma.


Orang-orang yang tidak mampu membeli beras: Daripada membuang beras, lebih baik memberikannya kepada mereka yang lebih membutuhkan. Jadi, jika makanan dibuang, orang-orang yang kurang beruntung bisa merasa dirugikan.


Jadi, itulah beberapa pihak yang mungkin dirugikan ketika adik Beni membuang makanannya.

Dengan memahami ini, kita bisa lebih bijaksana dalam memanfaatkan sumber daya dan makanan di sekitar kita.


Jangan lupa, terus semangat belajar di rumah, adik-adik!

Semoga artikel ini bermanfaat dan menginspirasi kalian untuk menjalani kehidupan yang lebih bertanggung jawab terhadap lingkungan kita.(*)