AchehNetwork.com - Sebagai pintu gerbang Kalimantan Barat, Pontianak tak hanya menjadi magnet bagi para pelancong domestik, tetapi juga menarik hati para wisatawan internasional.

Kota yang terletak di pulau Kalimantan ini memiliki segudang pesona yang menanti untuk dieksplorasi.


Pesona Keindahan Kota Khatulistiwa


Pontianak, ibu kota Kalimantan Barat, meluas hingga 107,82 kilometer persegi dan terletak tepat di tepi Sungai Kapuas.

Kota ini tak hanya menjadi pusat industri kecil, melainkan juga menjadi produsen berbagai komoditas seperti karet, kelapa sawit, gula, beras, dan lada yang diekspor ke berbagai negara.


Namun, yang benar-benar membuat Pontianak begitu menawan adalah daya tarik destinasi wisata yang menghiasi kota ini.

Berikut adalah beberapa tempat wisata yang harus Anda kunjungi saat berada di Pontianak.



1. Taman Akcaya Pontianak: Oase Hijau di Tepi Sungai


Taman Akcaya Pontianak adalah destinasi wisata yang menggoda di Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Taman ini menawarkan beragam fasilitas dan aktivitas menarik, mulai dari jogging track, taman bermain anak, area bersepeda, kolam renang, gazebo, hingga panggung pertunjukan.


Selain itu, taman ini juga memanjakan pengunjung dengan keindahan alamnya yang asri, terhampar pepohonan rindang, dan bunga berwarna-warni.

Taman Akcaya cocok dikunjungi oleh semua kalangan, baik itu keluarga, teman, atau pasangan. 

Lokasinya berada di Jalan Akcaya, Kelurahan Sungai Bangkong, Kecamatan Kota Pontianak, dan buka dari pukul 06:00 hingga 22:00 WIB dengan tiket masuk gratis.



2. Istana Kadriah: Jejak Sejarah Kerajaan Pontianak


Jika Anda tertarik dengan sejarah dan budaya Kerajaan Pontianak, jangan lewatkan Istana Kadriah. 

Istana ini terletak di tepi Sungai Kapuas di Kota Pontianak, Kalimantan Barat, dan merupakan istana Kerajaan Pontianak yang didirikan pada tahun 1771 oleh Sultan Syarif Abdurrahman Alkadrie, pendiri Kerajaan Pontianak.


Istana ini memiliki arsitektur unik dengan dominasi warna kuning dan hijau yang melambangkan agama dan kemakmuran.

Selain itu, Istana Kadriah juga menyimpan berbagai koleksi sejarah dan budaya, seperti pusaka, keris, perhiasan, pakaian adat, dan foto raja.

Selama berkunjung ke istana ini, Anda dapat menikmati pemandangan Sungai Kapuas yang memukau. 

Istana Kadriah terletak di Jalan Tj. Raya 1, Bugis, Kecamatan Pontianak Timur, dan buka dari pukul 10.00 hingga 17.00 WIB.


Lanjut Halaman 2

3. Taman Digulis Pontianak: Oasis Rekreasi di Tengah Kota


Taman Digulis Pontianak memiliki luas sekitar 1,5 hektar dan menyediakan berbagai fasilitas dan aktivitas untuk pengunjungnya.

Di sini, Anda dapat menikmati jogging track, area bermain anak, panggung terbuka, gazebo, kolam ikan, dan area bersepeda.

Taman ini juga memiliki atraksi unik seperti patung binatang berwarna-warni, mural artistik di dinding, dan pepohonan rindang yang menambah keindahan tempat ini.


Taman Digulis Pontianak adalah tempat yang sempurna untuk bersantai, berolahraga, atau berfoto dengan latar belakang alam yang indah.

Selain itu, taman ini sering menjadi tuan rumah berbagai acara budaya, seni, dan sosial yang melibatkan masyarakat setempat.

Taman Digulis berlokasi bersebelahan dengan Tugu Digulis yang terkenal di Jalan Digulis, Desa Bugis Dalam, Kecamatan Pontianak Timur, dan buka dari pukul 06:00 hingga 22:00 WIB dengan gratis tanpa tiket masuk.


Dengan destinasi wisata yang begitu menarik, Pontianak adalah tempat yang sempurna untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga, teman, atau pasangan Anda.

Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi pesona Kota Khatulistiwa ini saat Anda berkunjung ke Kalimantan Barat.(*)

Dapatkan update berita dan artikel menarik lainnya dari Acheh Network di Google News