24 C
id

Tim Gegana Brimob Polda Aceh Berhasil Menjinakkan Bom Mortir Berat 30 Kilogram di Pidie Jaya

 

Detasemen Gegana Brimob Polda Aceh, Bom Mortir, Pidie Jaya, Operasi Penjinakan Bom, Ipda Asep.M, Ancaman Bom Berat, Mortir Roket Peninggalan Belanda
Tim Gegana Brimob Polda Aceh Berhasil Menjinakkan Bom Mortir Berat 30 Kilogram di Pidie Jaya (Foto: Dok. Humas Polres Pidie Jaya/ Atjeh Watch)

Pidie Jaya, Acheh Network - Detasemen Gegana Satuan Brimob Polda Aceh telah mengukir prestasi luar biasa dengan berhasil menjinakkan bom pesawat jenis mortir berat 30 kilogram di Pidie Jaya pada hari Senin, 25 September 2023.


Operasi berbahaya ini dipimpin oleh Ipda Asep.M dan berhasil mengatasi mortir roket pesawat peninggalan masa Belanda yang menjadi ancaman serius.


Bom berkekuatan dahsyat tersebut pertama kali ditemukan oleh seorang warga di kebun milik Saudara Syukri, Gampong Mulieng, Kecamatan Mereudu, pada hari Sabtu (23/09) saat melakukan aktivitas pengalian penanaman sawit.

Mortir ini memiliki berat mencapai 30 kilogram, panjang 1,05 meter, diameter 30 cm, dan radius ledakan yang mencapai 1,5 kilometer.


Tim Gegana melakukan penjinakan dengan sangat hati-hati dan memastikan pengosongan isi mortir dilakukan dengan aman.

Selanjutnya, mereka melakukan peledakan dengan dua kali ledakan yang telah direncanakan dengan cermat.


Peledakan pertama dilakukan pukul 10.21 WIB, diikuti oleh peledakan kedua pukul 10.56 WIB.

Lokasi peledakan berada di Gampong Pangwa Kuta, Kecamatan Tringgadeng, Kabupaten Pidie Jaya, tepatnya di perbukitan galian C.


Kapolres Pidie Jaya, AKBP Dodon Priyambodo, S.H, S.I.K, M.Si, melalui Kabag Ops Polres Pidie Jaya, Kompol Muhammad, S.H., menyampaikan apresiasi tinggi kepada tim Gegana atas keberhasilan mereka dalam mengatasi ancaman ini.

"Tim Gegana telah menunjukkan dedikasi dan keahlian luar biasa dalam menjalankan tugas ini dengan aman," ujar beliau.


Operasi ini tidak hanya menyelamatkan warga dari bahaya mortir roket berat yang berpotensi merusak, tetapi juga mengukuhkan komitmen Polda Aceh dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah tersebut.

"Semoga prestasi ini memberikan dampak positif yang besar bagi keamanan seluruh masyarakat Aceh," tambah Kabag Ops.


Kabag Ops juga menghimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada dan segera melaporkan jika menemukan benda-benda mencurigakan kepada pihak berwajib.

Kesadaran masyarakat dalam hal ini sangat penting untuk menjaga keamanan bersama.(*)

Sumber: Atjeh Watch

Dapatkan update berita dan artikel menarik lainnya dari Acheh Network di Google News

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya