24 C
id

Kucurkan Dana Rp1,34 Triliun untuk Istana Negara di Ibu Kota Negara Baru, Tempat Tinggal Presiden yang Menakjubkan

IKN Nusantara
Istana Negara di Ibu Kota Negara Baru (Ist)


AchehNetwork.com - Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur adalah proyek monumental yang mencakup berbagai aspek, salah satunya adalah pembangunan Istana Negara yang menjadi rumah resmi Presiden Indonesia.

Istana Negara bukan hanya sekadar tempat tinggal, tetapi juga pusat kegiatan kenegaraan yang penting.


Pembangunan Istana Negara di IKN menjadi salah satu elemen krusial karena ini akan menjadi tempat tinggal Presiden Indonesia.

Pengerjaan proyek Istana Negara ini diproyeksikan akan selesai sebelum Hari Ulang Tahun Republik Indonesia pada tahun 2024 mendatang.


Pada bulan September 2023, progres proyek gedung penting ini telah mencapai 27,5%, mengisyaratkan kemajuan yang signifikan.

Selain itu, pembangunan Istana Negara di IKN, Kalimantan Timur, menghabiskan dana sebesar Rp 1,34 triliun.

Dana ini diperoleh dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), menegaskan pentingnya proyek ini dalam konteks kenegaraan.


Istana Negara di IKN, yang berdiri di atas lahan seluas 100 hektare, memiliki berbagai fasilitas yang mendukung keperluan kenegaraan.

Ini termasuk Lapangan Upacara, Bangunan Istana, Bangunan Kantor Presiden, hingga Botanical Garden yang akan memberikan lingkungan yang hijau dan asri.


Desain dari gedung Istana Negara di IKN, Kalimantan Timur, bukan sekadar bangunan biasa. Desain ini memiliki makna yang mendalam bagi Republik Indonesia.

Desain ini, yang dikenal sebagai "Istana Garuda," adalah karya Nyiman Nuarta yang telah disetujui oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Desain ini mengambil bentuk burung garuda yang sedang membentangkan sayapnya.


Pemilihan garuda sebagai desain memiliki makna mendalam karena garuda adalah simbol yang erat dengan Republik Indonesia dan merupakan bagian dari lambang negara, Bhineka Tunggal Ika.


Setelah pembangunan selesai, Istana Negara di IKN, Kalimantan Timur, akan menjadi yang pertama di dunia yang dibangun sebagai sebuah karya seni.

Yang lebih menarik, pembangunan sosok burung garuda ini menggunakan tembaga dan kuningan yang seiring berjalannya waktu akan berubah warna menjadi hijau toska, memberikan pesona yang semakin memukau.(*)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya