24 C
id

Misteri Bintang Cokelat Super Panas: Penemuan Terbaru di Antariksa

Bintang Coklat, Penemuan Antariksa Terbaru
Ilustrasi Penemuan Terbaru di Antariksa (pixabay)

AchehNetwork.com - Para ilmuwan internasional baru-baru ini mengejutkan dunia astronomi dengan penemuan sebuah bintang cokelat yang mengeluarkan panas jauh melebihi yang dapat dikeluarkan oleh matahari kita.

Diberi nama WD0032-317B, bintang cokelat ini berjarak 1.400 tahun cahaya dari Bumi dan merupakan temuan luar biasa yang diungkap oleh tim yang dipimpin oleh ahli astrofisika Na'ama Hallakoun dari Weizmann Institute of Science di Israel.


Dilansir dari Sputnik News, WD0032-317B mengorbit sangat dekat dengan bintang tuannya, yang menyebabkan suhunya tetap tinggi di atas 8.000 Kelvin (setara dengan 7.727 derajat Celsius atau 13.940 derajat Fahrenheit).

 Ini adalah suhu yang luar biasa panas yang mampu memecah molekul di atmosfernya menjadi atom-atom penyusunnya. Sebagai perbandingan, suhu matahari kita adalah sekitar 5.778 Kelvin.


Sebelumnya, NASA telah menggambarkan bintang cokelat sebagai bintang kecil dan rendah massa yang "gagal" dan menjadi "hubungan hilang antara planet gas raksasa."

Biasanya, bintang-bintang ini sulit untuk diamati karena pancaran cahaya dan energinya yang rendah, bahkan hampir tidak terdeteksi hingga akhir tahun 1980-an.


Apa yang membuat penemuan bintang cokelat ini begitu menarik adalah bahwa meskipun bintang cokelat biasanya lebih panas daripada planet, WD0032-317B terbukti lebih panas dari bintang katai merah terdingin.

Hal ini menciptakan misteri baru dalam dunia astronomi, karena bintang cokelat biasanya tidak dapat mencapai suhu panas sebagaimana yang ditemukannya.


Selain memberikan informasi tentang bintang cokelat, penemuan ini juga memiliki dampak positif dalam pemahaman kita tentang planet gas seperti Jupiter dan planet lain yang mengorbit bintang panas dan besar.

Sebelumnya, pengamatan terhadap planet ini sering kali terbatas karena aktivitas dan kecepatan rotasi bintang-bintang induk mereka.

Namun, penemuan WD0032-317B membawa harapan untuk mengungkap rahasia lebih banyak tentang planet-planet ini.


Penemuan ini membuka pintu bagi lebih banyak penelitian dan pemahaman tentang alam semesta yang luas dan misterius.

Dengan kecerdasan para ilmuwan dan teknologi canggih yang semakin maju, kita mungkin hanya sejengkal lebih dekat untuk mengungkap rahasia alam semesta yang penuh misteri.(*)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya