24 C
id

Batee Iliek, Wisata Sungai di Hulu Bukit Barisan Bireuen

Wisata Batee Iliek
Sungai Batee Iliek Kabupaten Bireuen (AcehTourism)

AchehNetwork.com - Kabupaten Bireuen, sebuah destinasi yang menyimpan ragam keindahan alam dan sejarah, telah mengundang pengunjung dari berbagai daerah.

Dari pantai yang memukau hingga lokasi pemandian yang menyegarkan, serta sejumlah objek wisata sejarah, Bireuen memiliki banyak hal untuk ditawarkan kepada para pelancong.


Salah satu daya tarik yang paling diminati, terutama saat liburan, adalah Krueng Batee Iliek di Kecamatan Samalanga.

Lokasinya yang berada di lintasan nasional, dekat perbatasan dengan Kabupaten Pidie Jaya, menjadikannya destinasi yang mudah diakses, sekitar 40 kilometer dari pusat kota Bireuen.



Menikmati Keindahan Sungai dan Bebatuan

Krueng Batee Iliek mengundang pengunjung untuk menikmati keindahan air yang jernih dan sejuk yang mengalir di antara bebatuan.

Bagian hulu sungai ini terletak di gugusan pegunungan Bukit Barisan, menciptakan pemandangan yang memukau.

Pada tahun 1990-an, area ini masih dipenuhi bebatuan yang menambah pesona alami. Seiring berjalannya waktu, bebatuan tersebut menyusut, namun malah menambah daya tarik tersendiri bagi lokasi ini.



Fasilitas Nyaman dan Tempat Istirahat

Saat ini, di sekitar pinggiran sungai, telah dibangun berbagai pondok pedagang yang menyediakan makanan dan minuman ringan.

Tempat ini kerap dijadikan sebagai tempat istirahat sejenak dari perjalanan jauh.

Pondok-pondok tersebut juga menjadi tempat rekreasi keluarga, di mana pengunjung dapat menikmati kudapan khas dari kabupaten tersebut.

Tidak hanya itu, beberapa pengunjung yang datang bersama kelompoknya biasanya membawa bekal makanan dan menggelar tikar, menciptakan suasana piknik yang menyenangkan.



Magnet Liburan di Air Dingin

Berenang dan berendam di air yang dingin menjadi magnet utama yang memikat warga dari sejumlah daerah untuk berkunjung ke Batee Iliek.

Keamanan lokasi ini, berkat arus sungainya yang bersahabat, menambah daya tarik bagi wisatawan. 

Setiap hari Minggu, libur sekolah, punggahan menjelang bulan Ramadan, hingga musim libur lebaran, Krueng Batee Iliek selalu dipadati oleh pengunjung yang ingin menyegarkan diri dan bersantai di tepi sungai.


Batee Iliek bukan hanya sekadar destinasi wisata, tetapi merupakan bagian dari pengalaman yang menghadirkan ketenangan dan keceriaan.

Menjadi saksi perubahan alam seiring waktu, tempat ini tetap memancarkan pesona yang tak terlupakan bagi setiap pengunjung yang datang.

Jika Anda mencari tempat yang memadukan keindahan alam dan keseruan bersama keluarga atau teman, Krueng Batee Iliek di Kabupaten Bireuen adalah pilihan yang sempurna.

Selamat menikmati surga berenang yang menyegarkan di tengah keindahan alam Aceh!

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya