24 C
id

10 Kota Terbesar di Pulau Sumatera: Menjadi Pusat Kemajuan dan Keragaman

Kota Terbesar di Sumatera
Kawasan Nagoya, Kota Batam


AchehNetwork.com - Halo guys! Kali ini kita akan membahas daftar 10 kota besar di Pulau Sumatera yang menarik dan berkembang pesat. 


Daftar ini disusun berdasarkan jumlah penduduk hingga saat ini, dan tentunya, perubahan bisa saja terjadi di masa mendatang seiring kemajuan setiap daerah.


 Jadi, mari kita lihat kota-kota mana saja yang masuk dalam daftar ini!



1. Medan, Sumatera Utara - 2.479.560 Jiwa

Medan adalah ibu kota provinsi Sumatera Utara dan merupakan kota terbesar ketiga di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya. 


Kota ini juga menjadi pintu gerbang wilayah Indonesia bagian barat dengan keberadaan Pelabuhan Belawan dan Bandara Internasional Kuala Namu. 


Medan adalah kota multietnis dengan penduduk yang berasal dari berbagai latar belakang budaya dan agama, menjadikannya salah satu kota paling dinamis di Indonesia.



2. Palembang, Sumatera Selatan - 1.573.898 Jiwa

Palembang adalah ibu kota Sumatera Selatan dan kota terbesar kedua di Sumatera setelah Medan. 


Kota ini terkenal dengan Sungai Musi yang membelahnya menjadi dua bagian, serta sejarahnya sebagai salah satu kota tertua di Indonesia. 


Palembang memiliki beragam etnis dan budaya, dengan Sungai Musi menjadi urat nadi perekonomian kota dan provinsi.



3. Bandar Lampung, Lampung - 1.176.677 Jiwa

Bandar Lampung adalah ibu kota Provinsi Lampung dan kota terbesar ketiga di Sumatera. 

Kota ini merupakan pintu gerbang utama Pulau Sumatera dari arah Jawa, berperan penting dalam jalur transportasi darat dan logistik. 


Bandar Lampung memiliki wilayah yang terbagi dalam 20 kecamatan dengan populasi yang terus berkembang, menjadi pusat jasa, perdagangan, dan perekonomian di provinsi tersebut.



4. Batam, Kepulauan Riau - 1.063.941 Jiwa

Batam adalah kota terbesar di Provinsi Kepulauan Riau dan merupakan bagian dari kawasan perdagangan bebas Batam-Bintan-Karimun (BBK). 


Letaknya yang strategis dekat dengan Singapura dan Malaysia membuat Batam menjadi pusat industri dan perdagangan yang berkembang pesat. 


Kota ini dikenal sebagai salah satu kota dengan pertumbuhan terpesat di Indonesia sejak dibangun pada tahun 1970-an.



5. Pekanbaru, Riau - 900.465 Jiwa

Pekanbaru adalah ibu kota dan kota terbesar di Provinsi Riau. Kota ini merupakan salah satu sentra ekonomi terbesar di Sumatera, dengan industri minyak bumi sebagai salah satu sektor utama. 


Pekanbaru memiliki posisi strategis di jalur Lintas Timur Sumatra dan terhubung dengan kota-kota besar seperti Medan, Padang, dan Jambi.



6. Padang, Sumatera Barat - 887.675 Jiwa

Padang adalah ibu kota Sumatera Barat dan kota terbesar di pantai barat Pulau Sumatera. Kota ini merupakan pintu gerbang barat Indonesia dari Samudra Hindia, dengan luas wilayah yang mencakup perbukitan dan laut. 


Padang dikenal dengan kekayaan budayanya dan menjadi pusat pengembangan wilayah metropolitan Palapa.



7. Jambi, Jambi - 610.854 Jiwa

Jambi adalah ibu kota Provinsi Jambi dan merupakan salah satu kota terbesar di Sumatera. Kota ini dibelah oleh Sungai Batanghari, dengan jembatan Aur Duri yang menghubungkan kedua kawasannya. Jambi terus berkembang sebagai pusat ekonomi dan budaya di provinsi tersebut.



8. Bengkulu, Bengkulu - 366.435 Jiwa

Bengkulu adalah ibu kota Provinsi Bengkulu dan kota terbesar kedua di pantai barat Sumatera setelah Padang. Kota ini memiliki sejarah yang kaya, termasuk menjadi tempat pengasingan Bung Karno. 


Bengkulu berhadapan langsung dengan Samudra Hindia dan memiliki wilayah yang sebagian besar berupa pesisir.



9. Banda Aceh, Aceh - 240.462 Jiwa

Banda Aceh adalah ibu kota Provinsi Aceh dan kota Islam tertua di Asia Tenggara. Sebagai pusat pemerintahan dan budaya, Banda Aceh memiliki banyak situs sejarah dari berbagai masa. 


Kota ini terdiri dari 9 kecamatan dan menjadi pusat kegiatan ekonomi, politik, sosial, dan budaya di Aceh.



10. Pematang Siantar, Sumatera Utara - 282.885 Jiwa

Pematang Siantar adalah kota terbesar kedua di Sumatera Utara setelah Medan. Letaknya yang strategis membuat kota ini menjadi jalur lintas menuju Danau Toba. 


Pematang Siantar memiliki penduduk yang terdiri dari berbagai suku dan menjadi kota yang mendukung pariwisata di daerah sekitarnya.


Itulah daftar 10 kota besar di Pulau Sumatera yang menarik untuk kita ketahui. Setiap kota memiliki karakteristik dan keunikannya masing-masing, serta berperan penting dalam perkembangan wilayah Sumatera. Nah, kalian tinggal di kota yang mana nih?

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Iklan: Lanjut Scroll