24 C
id

10 Negara Bebas Kendaraan Bermotor: Surga yang Menjanjikan Udara Segar dan Kedamaian

Negara bebas polusi, negara udara terbersih
kota Ghent, Belgia salah satu kota bebas polusi di dunia/Foto: National Geographic



AchehNetwork.com - Siapa yang tidak ingin tinggal di negara yang indah, dengan udara segar serta bebas dari kebisingan dan polusi kendaraan bermotor? 


Rasanya, hampir setiap orang mendambakan hal tersebut. Tetapi, mungkinkah hal itu terjadi?


Yup, itu semua bisa saja terjadi jika Anda tinggal di beberapa negara berikut ini. Pemerintah di negara-negara ini telah memberlakukan kebijakan bebas kendaraan bermotor, melarang penggunaan mobil dan motor di wilayah tertentu. 


Akibatnya, warganya lebih rajin menggunakan transportasi umum, menjadikan jalanan bebas macet dan udara lebih bersih. Berikut ini adalah beberapa negara yang bebas kendaraan bermotor di dunia. Simak yuk!



1. Giethoorn, Belanda


Terletak di provinsi Overijssel bagian timur laut, Giethoorn sering kali disebut “Venesia Belanda” karena pemandangan dan gaya kotanya yang mirip dengan Venesia di Italia. 


Kota ini terkenal dengan rumah-rumah ala pertanian yang dilengkapi bunga-bunga indah di halaman depannya. 


Di Giethoorn, rumah dan bangunan dipisahkan oleh kanal, sehingga transportasi utama di sana adalah perahu. Wisatawan dapat menyewa Saloon Boat untuk berkeliling kota, sambil menikmati penjelasan sejarah dari nakhoda kapal.



2. Ghent, Belgia


Sejak tahun 1996, pemerintah Belgia telah menerapkan larangan berkendara di pusat kota Ghent untuk mengurangi kemacetan lalu lintas dan polusi udara. 


Upaya ini membuahkan hasil positif, menjadikan Ghent lebih menyenangkan dan nyaman bagi wisatawan serta warga setempat. 


Kota ini berhasil mengurangi polusi udara dan menjadikan suasananya lebih bersih dan asri.



3. Zermatt, Swiss


Terletak jauh di lembah pegunungan Alpen, Zermatt tidak bisa diakses dengan kendaraan bermotor, terutama saat musim dingin ketika sebagian besar wilayahnya tertutup salju. 


Wisatawan dapat mencapai Zermatt dengan menggunakan kendaraan pribadi sampai Täsch, kota kecil sekitar 5 km dari Zermatt, lalu melanjutkan perjalanan dengan kereta api. 


Sesampainya di Zermatt, Anda dapat menjelajahi kota ini dengan berjalan kaki, atau menggunakan kereta kuda, sepeda, eTaxi, dan eBus.



4. Venesia, Italia


Venesia adalah salah satu kota bebas kendaraan paling terkenal di dunia. Kota ini tidak memiliki jalan raya yang dapat dilalui kendaraan bermotor; satu-satunya transportasi adalah perahu yang melintasi kanal-kanal. 


Keunikan ini menjadikan Venesia destinasi favorit wisatawan mancanegara. Selain menikmati keindahan kanal-kanal bersih, wisatawan juga dimanjakan dengan pemandangan bangunan berwarna-warni bergaya Venetican Gothic yang khas.



5. Pulau Hydra, Yunani


Pulau Hydra adalah salah satu pulau cantik di Yunani yang menawarkan keindahan alam serta pengalaman liburan yang menyenangkan dengan udara bersih dan segar. 


Di sini, Anda dapat melihat rumah-rumah tradisional yang ciamik, serta kafe-kafe dengan pemandangan laut lepas yang memanjakan mata. 


Untuk berkeliling, Anda bisa berjalan kaki, menaiki sepeda, menunggang keledai, atau menggunakan perahu.



6. Fes el Bali, Maroko


Fes el Bali adalah salah satu kota bersejarah dan tertua di Maroko yang bebas dari hiruk-pikuk kendaraan bermotor. Kota ini menawarkan pengalaman berbeda dengan bangunan kuno dan suasana zaman dahulu yang kental. Menyusuri lorong-lorong kota dengan berjalan kaki bisa menjadi pilihan tepat untuk merasakan pesona unik Fes el Bali.



7. Kota Tua Dubrovnik, Kroasia


Di dalam wilayah bersejarah Kota Tua Dubrovnik, kendaraan bermotor dilarang melintasi area pejalan kaki. 


Dikenal sebagai “Mutiara Laut Adriatik”, Dubrovnik menawarkan perpaduan menakjubkan antara gereja bergaya Gothic, Renaissance, dan Baroque. 


Wisatawan juga dapat menikmati bangunan peninggalan abad pertengahan yang megah di kota ini.



8. La Cumbrecita, Argentina


La Cumbrecita adalah kota pejalan kaki pertama di Argentina yang menawarkan suasana wisata berbeda dari kebanyakan destinasi di Amerika Selatan. 


Terletak di provinsi Córdoba, kota ini tidak memiliki jalan beraspal dan mengharuskan wisatawan berjalan kaki untuk menelusuri keindahan alamnya, termasuk hutan pinus, air terjun, dan sungai yang tenang tanpa gangguan suara kendaraan.



9. Pulau Mackinac, Michigan, AS


Terletak di Lake Huron, Amerika Serikat, Pulau Mackinac melarang sebagian besar akses kendaraan bermotor untuk menjaga lingkungan dan melestarikan keindahan alamnya. 


Wisatawan dapat menikmati pemandangan kota yang menakjubkan dan udara yang bersih dengan berkeliling menggunakan sepeda atau kereta kuda, transportasi utama di pulau ini.



10. Pulau Bald Head, Carolina Utara, AS


Pulau Bald Head terkenal dengan lapangan golfnya yang luas dan resor mewah yang cocok untuk liburan musim panas. 


Hanya dihuni sekitar 175 penduduk, pulau ini bebas kendaraan bermotor dan polusi udara. 


Pulau ini juga dikenal sebagai lokasi syuting film ‘The Butcher’s Wife’ yang dibintangi Demi Moore.


Negara-negara ini menawarkan kenyamanan dan keindahan tanpa gangguan kendaraan bermotor. Jadi, apakah Anda tertarik mengunjungi salah satu dari tempat-tempat menakjubkan ini?***

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Iklan: Lanjut Scroll