24 C
id

3 Rekomendasi Tempat Wisata Paling Populer dan Ramai Dikunjungi Petualang di Banyuwangi

 

Kawah Ijen, Wisata Banyuwangi
Kawah Ijen/


AchehNetwork.com - Banyuwangi, sebuah kabupaten di ujung timur Pulau Jawa, tidak hanya memukau dengan keindahan alamnya, tetapi juga memikat dengan keberagaman budayanya. 


Dengan kekayaan alam dan budaya yang melimpah, Banyuwangi siap memuaskan hasrat petualangan dan eksplorasi Anda. 


Setiap destinasi wisata di sini tidak hanya menawarkan pemandangan yang mempesona, tetapi juga pengalaman yang mendalam dan tak terlupakan. 


Berikut tiga tempat wisata paling menonjol di Banyuwangi yang akan memberikan pengalaman unik dan memukau:



1. Kawah Ijen


Kawah Ijen adalah salah satu destinasi wisata paling ikonik di Banyuwangi. Terkenal dengan fenomena api biru (blue fire) yang langka, Kawah Ijen menarik wisatawan dari seluruh dunia. 


Blue fire ini hanya bisa ditemukan di dua tempat di dunia: Islandia dan Kawah Ijen. 


Pendakian menuju Kawah Ijen dimulai dari Paltuding, titik awal pendakian yang memakan waktu sekitar 1,5 hingga 2 jam. 


Meskipun jalur pendakian cukup menantang dengan kemiringan yang curam, pemandangan di puncak sangat sepadan dengan usaha yang dikeluarkan.


Di puncak, Anda dapat menyaksikan danau kawah berwarna toska yang indah, yang merupakan danau asam terbesar di dunia. 


Selain fenomena blue fire, Kawah Ijen juga dikenal dengan aktivitas para penambang belerangnya. 


Para penambang ini mengangkut bongkahan belerang seberat 70-90 kg dari dasar kawah hingga ke puncak dan kemudian turun ke Paltuding. 


Melihat langsung perjuangan para penambang ini memberikan gambaran tentang kerasnya pekerjaan mereka dan menambah kekaguman Anda terhadap keindahan alam yang luar biasa ini.



2. Taman Nasional Baluran


Taman Nasional Baluran, yang sering disebut sebagai "Africa van Java," menawarkan pemandangan sabana yang luas dengan beragam flora dan fauna. 


Terletak di perbatasan antara Banyuwangi dan Situbondo, taman nasional ini menjadi rumah bagi berbagai satwa liar seperti banteng, rusa, monyet, dan burung merak. 


Pengunjung dapat menikmati berbagai aktivitas di Taman Nasional Baluran, termasuk safari jeep untuk menjelajahi sabana, trekking, dan birdwatching. 


Pantai Bama, yang terletak di dalam kawasan taman nasional, adalah tempat ideal untuk snorkeling dan menikmati pemandangan laut yang jernih. 


Salah satu daya tarik utama Taman Nasional Baluran adalah pemandangan Gunung Baluran yang menjulang tinggi di tengah sabana. 


Pemandangan ini sering diibaratkan sebagai lanskap di Afrika, dengan langit biru cerah dan hamparan padang rumput yang luas. 


Keindahan alam yang menakjubkan ini membuat setiap pengunjung merasa seolah-olah sedang berada di benua lain.



3. Pulau Merah


Pulau Merah, atau Red Island, adalah destinasi wisata pantai yang terkenal di Banyuwangi. Pulau ini dikenal dengan bukit kecil berwarna merah yang terletak tidak jauh dari pantai, yang dapat dicapai dengan berjalan kaki saat air surut. 


Pulau Merah menjadi populer karena keindahan pantainya yang berpasir putih dan ombaknya yang cocok untuk berselancar. 


Pantai Pulau Merah juga menawarkan pemandangan matahari terbenam yang spektakuler, menjadikannya tempat sempurna untuk bersantai dan menikmati keindahan alam. 


Selain itu, pantai ini dilengkapi dengan fasilitas yang memadai seperti penginapan, restoran, dan penyewaan perlengkapan selancar. 


Bagi para penggemar olahraga air, Pulau Merah adalah surga. Ombaknya yang menantang menjadi favorit bagi peselancar pemula maupun profesional. 


Selain berselancar, Anda juga dapat menikmati aktivitas seperti berenang, berjemur, atau sekadar berjalan-jalan di sepanjang pantai.



Penutup


Dengan ketiga destinasi wisata ini, Banyuwangi menawarkan petualangan yang tidak hanya memukau mata tetapi juga menyentuh hati. 


Setiap sudutnya menyimpan keindahan dan cerita yang siap untuk dieksplorasi. Jadi, siapkan ransel Anda dan mulailah perjalanan tak terlupakan di Banyuwangi!***

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Iklan: Lanjut Scroll