24 C
id

5 Destinasi Wisata Pulau Terluar Indonesia: Pesona Pulau-Pulau Terluar Indonesia, Keindahan yang Menakjubkan di Ujung Nusantara

Pulau Terluar Indonesia
5 Destinasi Wisata Pulau Terluar Indonesia: Pesona Pulau-Pulau Terluar Indonesia, Keindahan yang Menakjubkan di Ujung Nusantara


AchehNetwork.com - Indonesia, dikenal sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, dengan lebih dari 17.000 pulau yang tersebar di seluruh wilayahnya. 


Keindahan alam Indonesia tak hanya terdapat di pulau-pulau besar, tetapi juga hingga ke pulau-pulau terluar yang berbatasan dengan negara tetangga. 


Pulau-Pulau Kecil Terluar (PPKT) dengan luas area kurang atau sama dengan 2.000 kilometer persegi menawarkan pesona alam yang menakjubkan, meski akses ke sana cukup menantang. 


Berikut adalah lima destinasi wisata di pulau-pulau terluar Indonesia yang wajib dikunjungi:



1. Pulau Rote: Surga bagi Peselancar


Pulau Rote, pulau paling selatan Indonesia, menawarkan keindahan alam yang mempesona di perairan Laut Sawu. 


Pulau ini terkenal dengan pantai-pantai berpasir putih yang terpencil dan ombak yang menantang bagi peselancar. 


Pantai Nemberala menjadi primadona dengan ombak setinggi tujuh meter, menjadikannya destinasi favorit bagi mereka yang mencari sensasi selancar yang memacu adrenalin. 


Selain itu, aktivitas memancing juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang mengunjungi pulau yang tenang ini.



2. Pulau Natuna: Eksotisme di Laut Cina Selatan


Terletak di Provinsi Kepulauan Riau, Pulau Natuna berbatasan langsung dengan Laut Cina Selatan dan terkenal dengan keindahan alamnya yang eksotis. 


Pantai Teluk Buton dan Pantai Sahi adalah dua destinasi wisata pantai yang populer di Natuna. 


Wisatawan juga dapat menjelajahi Pulau Senua, yang terkenal dengan pusat konservasi penyu dan wisata edukasinya, menjadikan pengalaman liburan semakin berkesan.



3. Pulau Miangas: Keindahan Tersembunyi di Utara Indonesia


Pulau Miangas, yang berbatasan dengan Filipina di perairan Laut Sulawesi, menawarkan pesona alam yang masih asri. 


Pulau ini, yang juga dikenal sebagai Las Palmas, memiliki destinasi wisata seperti Pantai Merra yang menyajikan pemandangan pasir putih halus dan air laut yang jernih. 


Keindahan alam Pulau Miangas tetap terjaga berkat lokasinya yang tersembunyi, menjadikan setiap kunjungan ke pulau ini sebuah petualangan yang tak terlupakan.



4. Pulau Weh: Surga di Ujung Barat Indonesia


Pulau Weh, terletak di bagian paling barat Indonesia dekat Aceh, sering disebut sebagai ‘Surga di Ujung Barat Indonesia’. 


Di sini, wisatawan bisa menikmati keindahan pantai dan pemandangan sunrise yang memukau dari Pantai Iboih. 


Pantai ini juga terkenal dengan batuan alam eksotis dan pasir putih keemasan. Bagi pecinta snorkeling, Pantai Sumur Tiga menawarkan keindahan bawah laut yang masih alami dan mudah dijangkau dari Kota Sabang.



5. Pulau Liki: Keindahan Eksotis di Timur Indonesia


Pulau Liki, yang terletak di bagian paling timur Indonesia, berbatasan langsung dengan Samudera Pasifik. 


Pulau ini menyajikan pemandangan pantai dengan pasir putih bersih dan air laut bergradasi biru yang jernih. 


Wisatawan dapat melihat keindahan biota laut dengan jelas dan menikmati kehadiran kawanan lumba-lumba yang sering muncul di permukaan air dari pagi hingga siang. 


Keindahan Pulau Liki menjadikannya destinasi wisata yang tak boleh dilewatkan.



Menikmati Keindahan Tak Terjamah


Meskipun akses menuju Pulau-Pulau Kecil Terluar ini cukup sulit dijangkau, keindahan alam yang ditawarkan sepadan dengan usaha yang dilakukan. 


Setiap pulau memiliki pesona unik yang memanjakan mata dan memberikan pengalaman wisata yang tak terlupakan. 


Dengan keasrian alam yang masih terjaga, pulau-pulau ini menjadi destinasi impian bagi para pencinta alam dan petualangan.***

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Iklan: Lanjut Scroll