24 C
id

5 Negara di Dunia yang Tak Miliki Pantai Tapi Punya Angkatan Laut

 

Negara yang Tak Punya Laut, Angkatan Laut
Ilustrasi Armada Laut (wikipedia)



AchehNetwork.com - Di tengah keberadaan negara-negara dengan angkatan laut yang kuat untuk mengamankan perairan mereka, ada beberapa negara yang tak memiliki akses langsung ke laut namun tetap membangun angkatan laut. 


Menurut Naval Gazing, setidaknya ada lima negara seperti ini di dunia: Azerbaijan, Bolivia, Kazakhstan, Paraguay, dan Turkmenistan.


Meskipun tidak memiliki garis pantai, kelima negara ini memiliki angkatan laut yang signifikan dengan ribuan personel. 


Mengapa mereka memiliki angkatan laut meski terkurung daratan? Ada dua faktor utama yang mempengaruhinya.


Pertama, sebagian besar negara-negara ini memiliki hubungan historis dan geografis yang kuat dengan sungai-sungai besar atau danau-danau strategis. 


Misalnya, Azerbaijan, Kazakhstan, dan Turkmenistan berbagi perbatasan dengan Laut Kaspia, dan Laut Kaspia sendiri adalah danau besar yang penting secara strategis.


Faktor kedua adalah warisan sejarah pertempuran di perairan darat, seperti pertempuran sungai yang terjadi di danau dan sungai yang berbatasan dengan negara-negara ini. 


Misalnya, Angkatan Laut Paraguay terbentuk pada tahun 1811 dan telah berpartisipasi dalam sejumlah konflik regional.


Bolivia, meskipun tidak memiliki garis pantai sejak perang dengan Chili pada tahun 1879, memiliki Angkatan Laut yang beroperasi di Danau Titicaca, danau tertinggi yang dapat dilayari di dunia.


Dengan demikian, meskipun terkurung daratan, angkatan laut negara-negara ini memainkan peran penting dalam pertahanan, penegakan hukum, dan pembangunan di wilayah perairan internal mereka.***

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Iklan: Lanjut Scroll