24 C
id

6 Fakta Menarik Tentang Burni Kelieten di Dataran Tinggi Gayo: Menaklukkan Gunung Burni Kelieten, Petualangan Seru di Negeri di Atas Awan

Burni Kelieten, Wisata Gayo
Puncak Burni Kelieten/



AchehNetwork.com - Gunung Burni Kelieten terletak di wilayah administratif Kejuruan Syiah Utama, Kecamatan Bintang, Kabupaten Aceh Tengah. 

Dengan ketinggian 2.930 meter di atas permukaan laut (mdpl), gunung ini menyajikan pesona alam yang menakjubkan dan tantangan pendakian yang memikat.

Menurut laman Gunung Bagging pada Selasa, 4 Juni 2024, Gunung Burni Kelieten adalah gunung paling signifikan di dekat Takengon. 

Wilayah dataran tinggi Gayo, yang terkenal dengan kopi berkualitasnya, memiliki suhu yang lebih sejuk dibandingkan daerah pesisir Aceh.

Berbeda dengan Gunung Burni Telong yang lebih populer, pendakian Gunung Burni Kelieten menawarkan tantangan tersendiri dan pengalaman berada di desa terpencil. 

Pendakian ke puncak gunung ini dapat diselesaikan dalam dua hari jika cuaca mendukung.


Berikut enam fakta menarik tentang Gunung Burni Kelieten:

1. Asal-usul Nama Gunung Burni Kelieten


Nama "Burni Kelieten" berasal dari bahasa Gayo, di mana "Burni" berarti gunung dan "Kelieten" berarti kelihatan. 

Secara harfiah, namanya berarti "gunung yang terlihat". Pendakian menuju puncak Burni Kelieten memerlukan waktu berjam-jam dengan medan yang menanjak dan menantang.


2. Titik Awal Pendakian


Pendakian dimulai dari Desa Kejuruan Syiah, yang berada di ketinggian 1.260 mdpl di sepanjang pantai selatan Danau Laut Tawar. 

Tempat ini dapat dicapai dalam waktu kurang dari satu jam dari Takengon. Selain itu, terdapat beberapa jalur pendakian lain seperti dari Nosar, Mengaya, dan Telpam. 

Untuk menemukan pemandu lokal, disarankan berkoordinasi dengan klub pendakian universitas setempat seperti Mapala Alaska dari Bireuen. 

Jalur awal pendakian agak samar dan melalui hutan yang kurang rimbun sebelum mencapai hutan lebih lebat dan sejuk di ketinggian 1.577 mdpl setelah sekitar 90 menit berjalan.


3. Tempat Berkemah di Burni Kelieten


Pos Pinus atau 'tiang pinus' berada di ketinggian sekitar 1.688 mdpl, menyediakan tempat untuk berkemah dengan kapasitas tiga tenda. 

Pos ini juga memiliki alat penampung air sederhana. 

Setelah Pos Pinus, ada persimpangan penting yang menuju ke Shelter 1 di ketinggian 1.700 mdpl, yang memerlukan waktu sekitar 25 menit. 

Shelter 3 di ketinggian 2.140 mdpl adalah tempat terbaik untuk berkemah dengan tanah datar yang luas.


4. Objek Wisata Terkenalnya: Danau Laut Tawar


Gunung Burni Kelieten menyajikan panorama pegunungan yang memukau. 

Sebagai bagian dari deretan gunung dan bukit yang mengelilingi Danau Laut Tawar, pemandangan dari Puncak Batu di ketinggian 2.482 mdpl sangat mempesona. 

Selain Danau Laut Tawar, Gunung Burni Telong yang berbentuk piramida juga menambah keindahan alam sekitar.


5. Puncak Tertinggi di Aceh Tengah


Burni Kelieten merupakan puncak tertinggi di Kabupaten Aceh Tengah, dengan panorama yang disebut-sebut bak negeri di atas awan. 

Di puncak Burni Kelieten dulunya terdapat pilar atau tugu, namun kini hanya tersisa bekasnya akibat ulah oknum yang tidak bertanggung jawab.


6. Puncak Sebenarnya Gunung Burni Kelieten


Dari Puncak Batu, puncak sebenarnya berjarak 500 meter lagi, yang memerlukan waktu sekitar satu jam. 

Medannya sulit dan berbahaya, terutama saat basah, karena harus melewati batu karst yang tajam dan jurang dalam. 

Disarankan menggunakan sarung tangan untuk melindungi tangan. 

Di ketinggian sekitar 2.635 mdpl, terdapat area yang cocok untuk berkemah dengan kapasitas sekitar empat tenda.


Gunung Burni Kelieten menyajikan pengalaman mendaki yang menantang dan panorama alam yang memukau, menjadikannya destinasi menarik bagi para pecinta alam dan petualangan.***

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Iklan: Lanjut Scroll