24 C
id

6 Kuliner Khas Pulau Simeulue yang Menggugah Selera, Nikmati Keragaman Kuliner Olahan Hasil Laut di Sinabang

Kuliner Khas Simeulue
Kuliner Khas Simeulue, Memek/Lompong Sagu/Tabaha


AchehNetwork.com - Sinabang, sebuah kota kecil yang terletak di Pulau Simeulue, Aceh, tidak hanya merupakan ibukota kabupaten dan pusat pemerintahan Simeulue, tetapi juga surga bagi pecinta kuliner laut. 


Terletak di barat laut Pulau Sumatera, kota ini dikelilingi oleh laut, menjadikannya kaya akan pantai dan hidangan laut yang lezat.



Kelezatan Kuliner Laut Sinabang


Sinabang dikenal luas karena kuliner lautnya, terutama lobster. Di sini, lobster dijual dengan harga yang sangat terjangkau dibandingkan dengan restoran atau di luar negeri. 


Selain lobster, banyak hidangan lain yang tak kalah lezat dan menggugah selera. Mari kita jelajahi beberapa kuliner khas dari Sinabang yang patut dicoba.



1. Tabaha


Tabaha adalah makanan tradisional yang terbuat dari sagu, berasal dari Sinabang. 


Pada masa kolonial, sagu menjadi makanan pokok karena masyarakat Simeulue tidak sempat menanam padi. 


Tepung sagu dicampur dengan air dan kelapa muda, kemudian digongseng. Tabaha biasanya disantap dengan kuah ikan atau lauk lainnya, menciptakan kombinasi rasa yang unik dan nikmat.



2. Tabaha Longon


Tabaha Longon adalah variasi dari Tabaha. Bedanya, Tabaha Longon diolah dengan tambahan pisang dan dimasak menggunakan daun pisang sebagai alas. 


Rasanya yang khas menjadikannya salah satu kuliner favorit di Sinabang.



3. Tabaha Loyang


Tabaha Loyang adalah kudapan yang sering dinikmati bersama kopi atau teh manis. Bentuknya mirip martabak telur, dengan warna kuning kemerahan dan tekstur renyah. 


Rasanya semakin lezat saat disantap dengan kari, membuat pengalaman kuliner yang tidak terlupakan.



4. Lompong Sagu


Lompong Sagu adalah hidangan manis yang mirip dengan kue Betawi, Ketimus. 


Terbuat dari tepung sagu, pisang kepok, santan, dan gula aren, adonan dipanggang hingga menghasilkan aroma yang menggoda. 


Rasa manis dan tekstur lembut membuatnya sempurna sebagai camilan.



5. Memek


Memek adalah makanan khas Sinabang yang bentuknya seperti bubur, terbuat dari beras ketan putih yang digongseng, pisang, santan, dan gula. 


Proses penumbukan yang khas menghasilkan tekstur kriuk yang unik, memberikan sensasi renyah di setiap gigitannya.



6. Mie Lobster


Mie Lobster adalah hidangan yang paling terkenal di Sinabang. Mirip dengan Mie Aceh, namun dengan tambahan satu ekor lobster. 


Harganya berkisar antara 10 ribu hingga 70 ribu rupiah per porsi. Dengan tambahan kerupuk emping, rasa mie ini menjadi lebih nikmat, menciptakan sensasi rempah khas Aceh yang sedikit pedas.



Nikmati Kekhasan Sinabang


Sinabang menawarkan pengalaman kuliner yang tak tertandingi dengan keindahan alam yang mendukung. 


Jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi hidangan lautnya, terutama lobster yang harganya sangat terjangkau. 


Jika berkunjung ke Sinabang, Kabupaten Simeulue, pastikan untuk mencoba makanan khas yang telah dijelaskan di atas dan bawa pulang lobster sebagai oleh-oleh.


Sinabang tidak hanya menawarkan keindahan pantai dan laut, tetapi juga kekayaan kuliner yang luar biasa. Selamat menikmati petualangan kulinermu di Sinabang!***

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Iklan: Lanjut Scroll