24 C
id

7 Desa Wisata yang Menakjubkan di Bogor yang Harus Anda Kunjungi

Desa wisata di Bogor, wisata Bogor
Desa wisata di Bogor



AchehNetwork.com - Bogor, yang dikenal sebagai Kota Hujan, selalu memikat hati wisatawan dengan pemandangan alamnya yang memukau dan udara sejuk yang menyegarkan. 


Setiap akhir pekan, kota ini menjadi destinasi favorit bagi mereka yang ingin melarikan diri dari kesibukan Jakarta. 

Selain keindahan alamnya, Bogor juga kaya akan sejarah, pernah menjadi ibu kota Kerajaan Sunda dengan nama Pakuan Pajajaran pada abad ke-14 hingga ke-16.

Di balik pesonanya, tersembunyi desa-desa yang menakjubkan dan layak untuk dieksplorasi. 

Masing-masing desa ini menawarkan keunikan tersendiri yang membuat setiap kunjungan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. 

Berikut adalah tujuh desa wisata di Bogor yang wajib Anda kunjungi:


1. Desa Wisata Malasari


Terletak di Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor, Desa Malasari berada di kaki Gunung Halimun-Salak dan menjadi bagian dari Taman Nasional Gunung Halimun-Salak. 

Desa ini menawarkan keindahan alam yang luar biasa dengan pemandangan hutan, air terjun, dan perkebunan teh yang menakjubkan. 

Wisatawan dapat menikmati trekking, bird watching, dan mengenal budaya Sunda yang autentik.


2. Desa Wisata Ciasihan


Desa Ciasihan, yang berlokasi di Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, terkenal dengan pemandangan alamnya yang meliputi hutan pinus, sungai, dan air terjun. 

Desa ini ideal untuk kegiatan hiking, camping, dan piknik. 

Penduduk setempat juga aktif mengembangkan kerajinan tangan dan produk lokal yang sempurna sebagai oleh-oleh.


3. Desa Wisata Pancawati


Berada di Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, Desa Pancawati menawarkan pemandangan perbukitan dan persawahan yang indah. 

Desa ini juga populer sebagai destinasi untuk kegiatan outbound dan team building karena banyaknya fasilitas yang tersedia. 

Wisatawan dapat merasakan pengalaman budaya melalui tarian tradisional dan kuliner khas Sunda.


4. Desa Wisata Cibuntu


Terletak di Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor, Desa Cibuntu menawarkan pemandangan alam dengan latar belakang pegunungan dan sawah hijau yang mempesona. 

Di sini, wisatawan dapat menikmati aktivitas seperti memancing, bersepeda, dan berkemah. 

Desa ini juga terkenal dengan kesenian lokal dan adat istiadat Sunda yang masih terjaga.


5. Desa Wisata Wates Jaya


Desa Wates Jaya, yang berada di Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, menawarkan panorama sawah terasering yang memukau dan udara sejuk yang menyegarkan. 

Wisatawan bisa menikmati aktivitas pertanian tradisional, bersepeda di jalur pedesaan, dan mencicipi makanan khas desa yang lezat. 

Desa ini juga menyediakan penginapan dengan nuansa perdesaan yang nyaman.


6. Desa Wisata Gunung Salak Endah


Berlokasi di Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Desa Gunung Salak Endah adalah destinasi yang wajib dikunjungi. 

Terletak di kaki Gunung Salak, desa ini menawarkan pemandangan alam yang luar biasa dengan wisata air terjun seperti Curug Seribu dan Curug Ngumpet, serta pemandian air panas. 

Desa ini juga memiliki trekking jalur pegunungan yang menantang bagi para petualang.


7. Desa Wisata Ciaruteun


Desa Ciaruteun di Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor, dikenal dengan situs sejarahnya yang kaya, termasuk prasasti peninggalan Kerajaan Tarumanegara. 

Selain nilai sejarahnya, desa ini menawarkan keindahan alam berupa sungai dan hutan yang cocok untuk wisata edukasi dan petualangan.


Setiap desa di Bogor ini memiliki daya tarik uniknya sendiri, mulai dari keindahan alam yang memukau hingga budaya lokal yang kaya. 

Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi keindahan dan keunikan yang ditawarkan oleh desa-desa wisata di Bogor.***

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya