24 C
id

7 Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari di Usia 40-an Agar Tetap Kelihatan Awet Muda

Makanan yang harus dihindari, awet muda, masa tua
Ilustrasi/pixabay



AchehNetwork.com - Setiap orang pasti akan melewati proses penuaan dalam hidupnya. 
Meskipun menua adalah hal yang tidak bisa dihindari dan di luar kontrol, menjaga tubuh tetap sehat adalah hal yang bisa diusahakan, terutama saat memasuki usia 40-an.

Memiliki pola hidup sehat dengan mengatur asupan makanan sangat penting. Seiring bertambahnya usia, tubuh kita tidak lagi bisa mentoleransi beberapa jenis makanan seperti saat masih muda. 

Ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dikurangi atau bahkan dihindari di usia 40-an agar tubuh tetap sehat, ramping, dan terlihat awet muda. 

Berikut ulasan mengenai makanan yang sebaiknya dihindari di usia 40-an.



Sup Kalengan


Sup kalengan mungkin praktis dan cepat saji, tetapi pada usia 40-an, sebaiknya mulai menghindari makanan ini karena kandungan natriumnya yang tinggi. 

Penelitian menunjukkan bahwa orang dewasa di usia 40-an tidak dapat menyaring kelebihan natrium seefektif saat mereka masih muda.

Erin Palinski-Wade, RD, CDE, seorang ahli diet terdaftar, menyatakan bahwa tingkat natrium yang tinggi dalam makanan dapat meningkatkan tekanan darah dan risiko osteoporosis. 

Selain itu, natrium berlebih juga dapat menyebabkan retensi air dan kembung. Sebaiknya, buatlah sup sendiri dengan bahan-bahan yang sehat.


Makanan Cepat Saji


Makanan cepat saji mengandung gula, lemak tidak sehat, dan natrium yang dapat menimbulkan berbagai penyakit, terutama pada orang lanjut usia. 

Gula adalah sumber kalori kosong yang dapat menyebabkan penambahan berat badan tanpa memberikan nutrisi apapun. 

Lemak jenuh dalam makanan cepat saji dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL, meningkatkan risiko penyakit jantung.

Nitrat dan garam yang digunakan sebagai pengawet dalam makanan cepat saji juga berbahaya. 

Nitrat dikaitkan dengan kanker, sedangkan garam dapat meningkatkan tekanan darah dan menyebabkan kembung. Oleh karena itu, sebaiknya hindari makanan cepat saji demi kesehatan yang lebih baik.


Ayam Bakar atau Goreng


Ayam bakar atau goreng mungkin menjadi favorit banyak orang, tetapi saat memasuki usia 40-an, sebaiknya kurangi konsumsinya. 

Memasak daging pada suhu tinggi dapat meningkatkan kadar amina heterosiklik (HCA) dalam protein, yang bersifat karsinogenik atau dapat memicu pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

Batasi konsumsi ayam bakar atau goreng hingga satu porsi atau lebih sedikit per minggu, dan rendam daging sebelum dipanggang untuk mengurangi produksi senyawa berbahaya ini.


Makanan Manis


Ngemil makanan manis memang menyenangkan, tetapi mengonsumsi gula berlebihan harus dihindari di usia 40-an. 

Gula dapat menyebabkan banyak perubahan pada tubuh, dari membran sel dan arteri hingga hormon, sistem kekebalan, dan kesehatan usus.

Dr. Whitney Bowe, seorang dokter kulit, menjelaskan bahwa gula dapat mempercepat penuaan kulit melalui proses glikasi, di mana molekul gula mengikat protein, lemak, dan asam amino, yang merupakan ciri utama penuaan. Sebagai gantinya, pilihlah buah-buahan kaya serat sebagai camilan.



Minuman Elektrolit


olahraga atau minuman elektrolit juga harus dihindari di usia 40-an karena kandungan gulanya yang tinggi. 

Gula dalam minuman ini tidak hanya meningkatkan berat badan, tetapi juga mempercepat penuaan, meningkatkan peradangan, dan berdampak negatif pada memori serta pembelajaran.

Menurut Palinski-Wade, orang dewasa sebenarnya tidak membutuhkan minuman olahraga saat berolahraga. 

Mengonsumsi air putih tetap menjadi pilihan terbaik untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi tanpa menambah asupan gula berlebih.



Karbohidrat Olahan


Karbohidrat olahan seperti pasta, pretzel, bagel, dan sereal memiliki indeks glikemik yang tinggi, yang berarti cepat diubah menjadi gula darah. 

Gula darah yang tinggi dapat menjadi faktor penyebab penyakit jantung, penambahan berat badan, dan diabetes.

Dr. Bowe menambahkan bahwa karbohidrat olahan juga tidak baik untuk kulit karena dapat meningkatkan hormon yang merangsang produksi minyak. 

Hormon-hormon ini dapat mengubah komposisi minyak di kulit, membuatnya lebih rentan terhadap jerawat.



Kentang Goreng


Kentang goreng adalah makanan berminyak yang sebaiknya dihindari karena seiring bertambahnya usia, metabolisme tubuh melambat dan tidak lagi mampu menangani kalori ekstra dari makanan berminyak. 

Penelitian menunjukkan bahwa orang di usia 40-an memproses energi lebih efisien dengan kalori yang lebih sedikit.

Lemak makanan sehat memang diperlukan untuk kulit yang sehat dan awet muda, tetapi lemak dalam kentang goreng memberikan efek sebaliknya. 

Dr. Bowe menegaskan bahwa lemak dalam kentang goreng tidak baik untuk kulit Anda.



Kesimpulan


Memasuki usia 40-an bukan berarti harus mengorbankan kenikmatan makanan, tetapi perlu lebih bijaksana dalam memilih asupan untuk menjaga kesehatan dan penampilan. 

Menghindari sup kalengan, makanan cepat saji, ayam bakar atau goreng, makanan manis, minuman elektrolit, karbohidrat olahan, dan kentang goreng dapat membantu menjaga tubuh tetap sehat, ramping, dan terlihat awet muda. 

Pilihan makanan sehat akan memberikan dampak positif yang signifikan pada kualitas hidup Anda di masa mendatang.***

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Iklan: Lanjut Scroll