24 C
id

Aceh-Rusia Kerja Sama Pendidikan, Wali Nanggroe Aceh Teken MoU di Kazan


Wali Nanggroe, Aceh Rusia
Aceh-Rusia Kerja Sama Pendidikan, Wali Nanggroe Aceh Teken MoU di Kazan/



AchehNetwork.com  - Wali Nanggroe Aceh, Paduka Yang Mulia Teungku Malik Mahmud Al Haythar, melanjutkan langkah penting dalam mempererat kerja sama pendidikan antara Aceh dan Rusia. 

Kunjungan ke Kazan, ibukota Republik Tatarstan, Federasi Rusia, dilakukan pada Rabu (26/6/2024) dengan didampingi Wakil Duta Besar Republik Indonesia untuk Rusia, Barlian Helmy, serta rektor dari tiga universitas ternama di Aceh: Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Universitas Malikussaleh (Unimal), dan Universitas Teuku Umar (UTU).

Kunjungan tersebut dimulai dengan penyambutan hangat dari Rektor State Power Engineering University (KSPEU) Kazan, Edvard Abdullazyanov, dan jajaran. 

Acara penyambutan dimeriahkan dengan tarian khas Tatarstan serta penghormatan kepada masyarakat Tatarstan yang berperan dalam revolusi pembentukan Negara Uni Soviet.

Dalam sambutannya, Edvard Abdullazyanov mengapresiasi inisiatif dari pihak Aceh yang telah merintis kerja sama ini sejak tahun 2022. 

"Terima kasih kepada rombongan perguruan tinggi di Aceh yang telah berinisiatif membangun kerja sama dengan kami. Inisiatif yang telah dilakukan oleh Wali Nanggroe Aceh sejak 2022 telah mulai memiliki hasil seperti saat ini," ujarnya.

Usai seremoni penyambutan, Wali Nanggroe bersama rombongan diajak berkeliling kampus KSPEU untuk melihat berbagai inovasi teknologi. 

Mereka menyaksikan langsung proses pengerjaan mobil listrik dan transportasi digital berbasis baterai lithium-ion. 

Tidak hanya itu, delegasi juga diperkenalkan dengan teknologi substation pembangkit listrik tenaga polygon dan robot pemantau jaringan listrik bawah tanah, yang mampu melaporkan kerusakan jaringan secara real-time. 

Di samping itu, mereka juga diajak melihat sistem alur listrik sederhana yang dapat digunakan untuk kebutuhan rumah tangga.

Kunjungan bersejarah ini ditutup dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara KSPEU dan tiga universitas Aceh, yaitu Unsyiah, Unimal, dan UTU. 

Wali Nanggroe Aceh menyatakan kebanggaannya atas pencapaian ini.

 "Alhamdulillah, apa yang telah kita jajaki sejak 2022 lalu, hari ini sudah menunjukkan hasil. Pihak Universitas KSPEU sangat serius dengan upaya kerja sama ini, begitu juga dari pihak kita, harus serius dan maksimal," kata Wali Nanggroe.

Kerja sama ini diharapkan dapat membawa kemajuan signifikan dalam bidang pendidikan dan teknologi bagi Aceh dan Rusia, serta mempererat hubungan kedua wilayah dalam berbagai sektor strategis.***

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Iklan: Lanjut Scroll