24 C
id

Gulai Jruek Drien, Kuliner Unik dari Aceh Selatan dan Abdya yang Menggugah Selera, Udah Nyoba?

Jruk Drien, Jruek Drien, Asam Drien, Asam Durian, Kuliner Aceh Selatan, Abdya
Jruek Drien, Kuliner Khas Aceh Selatan dan Abdya/



AchehNetwork.com — Dari sekian banyak masakan khas yang memikat dari Aceh Selatan dan Abdya, sambal jruek drien memiliki tempat istimewa. 

Keunikan dari rasa hingga penampilannya, jruek drien yang berwarna kuning cerah, hasil olahan dari kunyit, mampu membangkitkan selera makan siapa pun yang mencicipinya.

Berdasarkan berbagai sumber, jruek drien adalah hasil olahan daging buah durian yang telah difermentasi, memberikan cita rasa yang khas dengan sentuhan asam. 

Proses pembuatannya melibatkan fermentasi dalam botol kaca selama minimal satu minggu, sehingga menciptakan asam durian yang dapat dinikmati dengan berbagai hidangan.

Sajian asam drien ini menjadi semakin nikmat ketika disandingkan dengan nasi hangat dan disertai dengan daun pepaya segar. 

Tak hanya lezat, kuliner ini juga kaya akan khasiat dan gizi, rendah lemak namun tinggi protein.

Masyarakat Aceh Selatan dan Abdya telah menjadikan gulai jruek drien sebagai bagian tak terpisahkan dari budaya kuliner mereka. 

Aroma harum yang menggiurkan dan rasa yang menggoda menjadikan hidangan ini istimewa.

Gulai jruek drien bukan sekadar makanan biasa, melainkan bagian dari warisan kuliner yang harus dilestarikan dan dijaga kelestariannya dalam keberagaman kuliner Indonesia. 

Dengan kekayaan rasa yang dibawanya, kuliner ini membuka pintu bagi para penikmat untuk menjelajahi ragam kuliner yang mengagumkan dan memikat.***

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Iklan: Lanjut Scroll