24 C
id

Istana Negara di Ibu Kota Nusantara: Simbol Megah yang Menjadi Istana Pertama di Dunia Dibangun dengan Bentuk Karya Seni

Istana Negara, IKN Nusantara
Istana Negara di IKN/Foto: Instagram


AchehNetwork.com - Dipilih langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), desain final Istana Negara di Ibu Kota Nusantara (IKN) menelan biaya sebesar Rp2 triliun dan menyimpan berbagai fakta unik yang mencerminkan jati diri bangsa Indonesia.



Desain yang Menginspirasi


Desain istana ini sangat kental dengan identitas Indonesia, diwakili oleh patung raksasa yang menjadi lambang kebesaran bangsa. 

Jokowi memilih desain berbentuk burung Garuda yang sedang membuka sayap, karya seniman hebat Indonesia, Nyoman Nuarta. 

Nuarta menjelaskan bahwa bentuk burung Garuda ini dipilih karena memiliki keterkaitan erat dengan identitas negara.

“Istana Garuda akan menjadi kantor presiden, seperti berada di garis depan untuk memimpin bangsa ini menggapai segala hal baik bersama. Peran ini mengandung bahasa keindahan, keramahtamahan, keteduhan, kemandirian, serta kewibawaan sebagai pemimpin bangsa yang besar,” ucap Nuarta dalam sebuah wawancara yang dikutip dari website Menparekraf pada 24 Juni 2024.


Karya Seni Megah yang Menghiasi Dunia


Istana Garuda akan menjadi istana presiden pertama di dunia yang dibangun dengan bentuk karya seni yang megah. 

Terletak di atas lahan seluas 55,7 hektare dengan luas tapak mencapai 334.200 meter persegi, burung Garuda raksasa ini dibangun menggunakan bahan yang kokoh seperti kerangka baja serta cangkang dari tembaga, kuningan, galvalum, dan kaca. 

Pendirian patung raksasa ini memerlukan biaya fantastis hingga mencapai Rp2 triliun.


Transformasi Warna yang Memukau


Uniknya, tembaga dan kuningan pada patung ini akan mengalami proses oksidasi seiring berjalannya waktu, mengubah warnanya menjadi hijau tosca matang, serupa dengan patung Liberty di Amerika Serikat.


Lahan dan Lingkungan yang Hijau


Lahan yang digunakan untuk membangun istana ini mencapai 100 hektare, dengan hanya 8% dari luas area yang digunakan untuk bangunan, sementara 92% sisanya dimanfaatkan sebagai ruang terbuka hijau.


Kompleks Istana yang Lengkap


Kompleks Istana Kepresidenan ini terdiri dari beberapa bangunan seperti lapangan upacara, bangunan istana, kantor presiden, kantor Sekretariat presiden, kantor staf khusus, paviliun presiden, wisma negara, mess paspampres, masjid, museum/edukasi, dan bangunan pendukung lainnya. Khusus untuk bangunan Kantor Presiden (Istana Garuda), akan dibangun di atas lahan seluas 3,5 hektare dengan ketinggian empat lantai. 

Kantor Presiden akan ditempatkan di posisi tertinggi dan teraman dari seluruh kawasan, mencerminkan kekokohan dan wibawa pemimpin bangsa.


Dengan segala keunikan dan keindahannya, Istana Negara di Ibu Kota Nusantara tidak hanya menjadi simbol kebanggaan nasional tetapi juga daya tarik internasional, mencerminkan kekayaan budaya dan semangat Indonesia yang tak tergoyahkan.***

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Iklan: Lanjut Scroll