24 C
id

Lokan Badaruk, Kuliner Unik dari Aceh Singkil yang Mendunia

Oleh-oleh Aceh Singkil, Kuliner Khas Singkil
Lokan Badaruk/


AchehNetwork.com - Di tengah pesona alam Aceh Singkil, tersembunyi kuliner unik yang semakin digemari, yakni Lokan Badaruk atau Lokan Crispy. 


Terbuat dari lokan, sejenis kerang yang hidup di bantaran sungai rawa Singkil, kuliner ini berhasil menarik perhatian tidak hanya di dalam negeri tetapi juga hingga mancanegara.


Lokan merupakan spesies kerang lumpur yang banyak ditemukan di pesisir. 

Berbeda dari kerang pada umumnya, lokan memiliki ukuran lebih besar dan daging yang lebih tebal. 


Biasanya, lokan diolah menjadi berbagai hidangan seperti rendang, gulai, goreng, dan sate. Namun, inovasi baru berupa Lokan Badaruk kini menjadi primadona.


Herman, seorang pelaku home industri di Aceh Singkil, adalah sosok di balik populerisasi Lokan Badaruk. Sejak 2018, Herman mulai mengembangkan produk ini sebagai cara untuk menikmati lokan dalam bentuk yang lebih tahan lama. “Kalau direndang atau digulai, lokan hanya bisa bertahan 2-3 hari. Ini kurang efektif sebagai cendera mata,” kata Herman.


Dengan melimpahnya pasokan lokan di daerah tersebut, Herman memutuskan untuk membeli lokan berukuran kecil yang kurang diminati warga dan mengolahnya menjadi Lokan Badaruk. 


Proses pembuatan dimulai dengan menggoreng setengah matang lokan, kemudian dikeringkan. Setelah minyak meresap, lokan dilumuri adonan tepung hingga merata dan digoreng kembali hingga renyah.


Kerenyahan Lokan Badaruk membuatnya cocok sebagai oleh-oleh khas dari Aceh Singkil, mampu bertahan hingga lebih dari satu minggu. 


Kesuksesan Herman dalam mengembangkan Lokan Badaruk terbukti dari tingginya permintaan. Setiap hari, ia memproduksi hingga 10 kilogram Lokan Badaruk, dengan harga mulai dari Rp 20 ribu untuk kemasan kecil hingga Rp 220 ribu per kilogram. 


Produk ini bahkan telah menembus pasar kuliner Belanda dan Arab Saudi, meskipun pengirimannya belum rutin.


“Pernah ada peminat dari Belanda dan Arab Saudi, tapi belum rutin. Kalau pasar dari nusantara sudah mulai banyak peminat,” tambah Herman. 


Di Aceh Singkil sendiri, Lokan Badaruk sudah tersedia di berbagai minimarket, memudahkan warga untuk mendapatkannya.


Lokan Badaruk juga berhasil masuk dalam nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) Awards 2022 kategori makanan tradisional. 


Dukungan dapat diberikan melalui SMS dengan format API 1F dan kirim ke 99386, serta melalui akun Instagram @ayojalanjalanindonesia, YouTube APIaward, dan Facebook @API Award.


Kehadiran Lokan Badaruk sebagai kuliner khas Aceh Singkil tidak hanya menambah kekayaan kuliner Indonesia, tetapi juga menunjukkan potensi besar untuk bersaing di pasar internasional. Dengan inovasi dan dedikasi, Herman telah berhasil membawa cita rasa Aceh Singkil ke panggung dunia.***

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Iklan: Lanjut Scroll