24 C
id

Makin Berkembang.. Jalan Tol Trans Sumatera Terutama Tol Aceh Diserbu Setengah Juta Kendaraan Selama Libur Iduladha Jelang PON Tahun 2024

Jalan Tol Aceh
Ilustrasi Jalan Tol Trans Sumatera Terutama Tol Aceh Diserbu Setengah Juta Kendaraan Selama Libur Iduladha Jelang PON Tahun 2024/Pixabay.com


AchehNetwork.com - Mega proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) terus membuktikan diri sebagai pilihan utama masyarakat untuk bepergian antar daerah. 


Baru-baru ini, JTTS kembali ramai diserbu pengguna jalan, khususnya di Provinsi Aceh, pada momen cuti bersama Hari Raya Iduladha tahun 2024.


Dalam periode pengamatan 14 - 19 Juni 2024 yang dilakukan oleh Hutama Karya, tercatat hampir setengah juta kendaraan melintas di seluruh ruas jalan tol Trans Sumatera. 


Selama lima hari tersebut, jumlah kendaraan yang melintasi JTTS mencapai total 421.000 kendaraan, menunjukkan peningkatan trafik yang signifikan sebesar 23 persen dibandingkan Volume Lalu Lintas (VLL) normal.


Salah satu ruas tol yang mengalami lonjakan terbesar adalah Jalan Tol Sigli Banda Aceh, khususnya pada seksi Seulimeum - Baitussalam (Sibanceh). 


Dalam periode tersebut, sebanyak 22.487 kendaraan melintas di jalan tol ini, meningkat 45 persen dari volume lalu lintas normal. 


Angka ini menjadikan Jalan Tol Sigli Banda Aceh sebagai ruas tol dengan pertumbuhan trafik paling signifikan di antara seluruh ruas JTTS.


Meningkatnya volume lalu lintas di JTTS, khususnya Jalan Tol Sigli Banda Aceh, disinyalir dipengaruhi oleh momen libur Iduladha dan persiapan menjelang event Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-21 yang akan berlangsung di Provinsi Aceh dan Sumatera Utara. 


PON ke-21 dijadwalkan berlangsung dari 8 hingga 20 September 2024, menandai pertama kalinya event multi olahraga ini diselenggarakan oleh dua provinsi sekaligus.


Antusiasme masyarakat yang tinggi terhadap JTTS selama libur Iduladha menjadi bukti bahwa proyek ini berhasil memenuhi kebutuhan transportasi yang efisien dan cepat. 


Jalan tol ini tidak hanya mempermudah mobilitas warga tetapi juga berperan penting dalam mendukung persiapan dan pelaksanaan event nasional seperti PON.


Dengan meningkatnya trafik, Hutama Karya dan aparat terkait terus berupaya memastikan kelancaran dan keselamatan pengguna jalan di seluruh ruas JTTS. 


Momen ini juga menggarisbawahi pentingnya infrastruktur jalan tol dalam mendukung perekonomian dan mobilitas masyarakat di Pulau Sumatera.***

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Iklan: Lanjut Scroll