24 C
id

Menyelami Kehidupan Unik Suku Uros di Pulau Jerami Terapung di Danau Titicaca

Islas Uros, Pulau terapung, suku uros
Suku uros/



AchehNetwork.com - Saat berkunjung ke Danau Titicaca di perbatasan Peru dan Bolivia, Anda akan menemukan pulau-pulau terapung yang unik, terbuat dari jerami, yang menjadi rumah bagi Suku Uros atau Uru. 

Suku yang telah ada sejak zaman Pra-Inca ini masih mempertahankan tradisi tinggal di pemukiman terapung, meskipun zaman telah berubah.

Menurut Atlas Obscura, Suku Uros memilih tinggal di pulau-pulau terapung karena terdesak oleh ekspansi besar-besaran Suku Inca ke tanah mereka. 

Pulau-pulau terapung ini menjadi tempat perlindungan dari suku-suku lain yang lebih kuat dan memungkinkan mereka untuk mempertahankan kehidupan tradisional mereka di Danau Titicaca.

Suku Uros, yang kini memiliki populasi sekitar 4.600 orang, terbagi menjadi tiga kelompok besar: Uru-Chipaya, Uru-Murato, dan Uru-Iruito. 

Mereka memanfaatkan jerami tortora, atau nga’atu dalam bahasa lokal, untuk membangun rumah, perabotan, dan bahkan kapal. 

Meskipun bahan pembuatannya sederhana, fasilitas di pulau ini cukup lengkap, termasuk rumah untuk setiap keluarga, sekolah, dan stasiun radio.

Rumah-rumah jerami ini memberikan kehangatan dan perlindungan dari cuaca ekstrem. 

Selain itu, jerami tortora digunakan untuk membuat kapal yang mereka gunakan untuk menyeberang dan beraktivitas di danau. 

Kapal-kapal dengan desain unik ini adalah alat utama mereka dalam mencari ikan, yang merupakan mata pencaharian utama Suku Uros. 

Sementara itu, para perempuan membuat kerajinan tangan dari jerami yang dijual kepada wisatawan.

Islas Uros, Desa Terapung, suku uros
Desa terapung/


Pariwisata menjadi sumber pendapatan penting bagi Suku Uros. 

Setiap tahun, banyak pengunjung datang untuk melihat kehidupan unik mereka. 

Beberapa penduduk bahkan membuka rumah mereka sebagai penginapan bagi wisatawan yang ingin merasakan kehidupan di pulau terapung. 

Malam hari, penduduk Suku Uros menampilkan tarian tradisional untuk menyambut para tamu yang ingin menghabiskan waktu bersama mereka.

Danau Titicaca dan pulau-pulau terapung Uros menawarkan pengalaman yang tak terlupakan, di mana tradisi kuno bertemu dengan rasa ingin tahu modern, menjadikan tempat ini salah satu destinasi wisata yang paling menarik di Amerika Selatan.***

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Iklan: Lanjut Scroll