24 C
id

Menyelami Surga Bawah Laut: Pesona Taman Nasional Bunaken Sulawesi Utara

Bunaken, Wisata Sulawesi Utara
Desa Wisata Bunaken/Foto: Jadesta



AchehNetwork.com - Indonesia, sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, dianugerahi kekayaan laut yang melimpah.


Keindahan alam bawah lautnya menjadi magnet bagi para penikmat wisata bahari dari berbagai belahan dunia. 


Salah satu permata tersembunyi yang wajib dikunjungi adalah Taman Nasional Bunaken, yang menawarkan pemandangan bawah laut yang memukau.



Sekilas tentang Taman Nasional Bunaken


Taman Nasional Bunaken terletak di Sulawesi Utara, tepat di jantung Segitiga Terumbu Karang. Kawasan ini dikenal sebagai salah satu wilayah dengan keanekaragaman terumbu karang tertinggi di dunia, mencakup Indonesia, Malaysia, Papua Nugini, Filipina, Kepulauan Solomon, dan Timor Leste. 


Dengan luas mencapai 890.65 km², Bunaken didominasi oleh perairan yang jernih dan hanya 3% dari wilayahnya merupakan daratan. 


Daratan ini mencakup lima pulau utama: Bunaken, Manado Tua, Mantehage, Naen, dan Siladen, serta Gunung Manado Tua yang sudah tidak aktif.


Secara administratif, Taman Nasional Bunaken berada di Kecamatan Wori, Kotamadya Manado, Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara. 


Dari pelabuhan Manado, perjalanan menuju pulau-pulau terdekat membutuhkan waktu sekitar 20 hingga 60 menit.


Ditetapkan sebagai taman nasional pada 15 Oktober 1991 melalui SK Menteri Kehutanan Nomor 730/Kpts-II/1991, Bunaken telah lama dikenal oleh para penyelam sejak tahun 1975. 


Pada 2005, Bunaken diakui sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.



Keindahan Flora dan Fauna


Terumbu Karang yang Menakjubkan


Bunaken adalah rumah bagi sekitar 390 spesies terumbu karang yang menghiasi perairannya. Terumbu karang di sini terdiri dari fringing reef, patch reef, dan barrier reef. 


Selain itu, ada juga reef plat yang mengelilingi pulau-pulau di Taman Nasional Bunaken, kecuali Manado Tua.



Kehidupan Bawah Laut yang Beragam


Selain terumbu karang, Bunaken juga kaya akan spesies alga dan rumput laut. Jenis alga yang dominan termasuk Halimeda, Caulerpa, dan Padina, sementara rumput laut yang umum adalah Thalassia hemprichii, Thalassaodendron ciliatum, dan Enhallus acoroides.



Vegetasi Darat dan Hutan Bakau


Di daratan, terdapat hutan bakau dengan vegetasi seperti Rhizophora sp., Sonneratia sp., Lumnitzera sp., dan Bruguiera sp. Selain itu, berbagai jenis tumbuhan seperti woka, sagu, kelapa, pisang, mangga, dan palem juga tumbuh subur di sini.



Satwa Laut dan Darat


Perairan Bunaken menjadi habitat bagi 91 spesies ikan, termasuk ikan kakatua, ikan kuda gusumi, ikan lolosi ekor kuning, dan ikan moorish idol. 


Tak ketinggalan, terdapat juga biota laut lainnya seperti ikan duyung, kima raksasa, penyu sisik, penyu belimbing, dan penyu hijau.


Di daratan, pengunjung dapat menjumpai satwa seperti kuskus beruang, kuskus kerdil Sulawesi, monyet hitam Sulawesi, babi Sulawesi, tarsius, rusa, burung camar, merpati laut, dan burung bangau.


bunaken
bawah laut Bunaken/Foto: citilink


Destinasi Wisata di Taman Nasional Bunaken



Pulau Bunaken


Pulau ini adalah pusat dari Taman Nasional Bunaken, dengan 12 dari 20 titik penyelaman berada di sekitar perairannya. 


Titik-titik selam terkenal di sini antara lain Lekukan 1, Lekukan 2, Lekukan 3, Mandolin, Tanjung Parigi, Sachiko Point, Muka Kampung, Ron’s Point, Pangalisang, dan Bunaken Timur.



Pulau Manado Tua


Pulau ini menampilkan Gunung Manado Tua yang sudah tidak aktif dan budaya Suku Bowontehu. Selain mendaki gunung untuk menikmati panorama laut, Anda bisa menyelam di tiga titik: Buwalo, Tanjung Kopi, dan Pangalingan Negeri.



Pulau Naen


Terkenal akan pantainya yang indah dan 'pasir timbul' yang muncul saat air surut. Dua titik selam yang bisa dieksplorasi adalah Batu Kapal dan Jalur Air.



Pulau Mantehage


Daya tarik utamanya adalah wisata menyusuri hutan bakau menggunakan perahu, serta menikmati matahari terbenam di antara rimbunnya hutan bakau. Dua titik selam di sini adalah Bango dan Tangkasi.



Pulau Siladen


Pulau ini terkenal sebagai tujuan liburan romantis dengan resort mewah dan berbagai fasilitas untuk menjelajahi keindahan bawah laut, seperti perahu kaca atau katamaran. 


Dua titik selam yang bisa dijelajahi adalah Siladen 1 dan Siladen 2.



Kesimpulan


Taman Nasional Bunaken adalah destinasi impian bagi para pecinta diving dan snorkeling. 


Dengan keindahan terumbu karangnya yang luar biasa dan keanekaragaman hayati yang kaya, Bunaken menawarkan pengalaman yang tak terlupakan bagi siapa pun yang mengunjunginya.


 Jadi, pastikan Bunaken masuk dalam daftar liburan Anda berikutnya!***

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Iklan: Lanjut Scroll