24 C
id

Menyusuri Keindahan Air Terjun Aek Martua: Wisata Unggulan di Rokan Hulu, Riau

wisata rokan hulu, wisata riau, air terjun aek martua
Air Terjun Aek Martua



AchehNetwork.com - Provinsi Riau memiliki banyak destinasi wisata yang memukau, dan salah satunya adalah Air Terjun Aek Martua yang terletak di Kabupaten Rokan Hulu. 


Wisata alam ini menawarkan pesona dan keunikan tersendiri, menjadikannya sebagai salah satu tujuan favorit para wisatawan.



Pesona Air Terjun Aek Martua


Terletak di Desa Tangun, Kecamatan Bangun Purba, Air Terjun Aek Martua merupakan salah satu air terjun tertinggi yang menghiasi sepanjang hulu Sungai Bukit Simalombu. 


Nama "Aek Martua" berasal dari bahasa Suku Mandailing yang berarti "Air Bertuah", mencerminkan mayoritas penduduk desa yang berasal dari suku tersebut. 


Air terjun ini memiliki tiga tingkat yang menjadikannya sangat unik dan mempesona. 


Air yang jatuh dari ketinggian tampak jernih seperti air mineral kemasan, memberikan pemandangan yang menyejukkan mata. 


Tidak heran jika Air Terjun Aek Martua menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Rohul.



Keindahan dan Keistimewaan


Dikelilingi oleh hutan alam yang berstatus Taman Hutan Raya (Tahura), kawasan ini kaya akan flora dengan potensi kayu ratusan kubik. 


Keindahan alam yang masih alami menambah daya tarik tersendiri. Selain menjadi objek wisata, Aek Martua juga menarik perhatian akademisi sebagai objek penelitian. 


Salah satu perguruan tinggi negeri di Pekanbaru telah melakukan berbagai studi di sini, menambah nilai ilmiah dan edukatif tempat ini.



Rute dan Aksesibilitas


Perjalanan menuju Air Terjun Aek Martua cukup menantang namun penuh petualangan. 


Dari Pekanbaru, Anda bisa naik angkutan umum menuju Pasir Pengaraian dengan biaya sekitar Rp50.000. 


Dari sana, lanjutkan perjalanan ke Simpang Tangun dengan angkutan jenis oplet atau omprengan seharga Rp5.000. 


Setibanya di pintu masuk objek wisata, Anda akan melewati jembatan gantung dan jalan setapak di perkebunan masyarakat sejauh kurang lebih 3,5 km, kemudian dilanjutkan dengan melewati kawasan hutan lindung sejauh 3 km. 


Meskipun jalur ini memiliki tanjakan dan turunan yang cukup curam, pemandangan alam yang menakjubkan akan menemani perjalanan Anda.



Perkembangan dan Pengelolaan


Sekretaris Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Sekhutbun) Rohul, Ari Ardian, mengungkapkan bahwa Pemerintah Kabupaten Rohul telah membebaskan lahan seluas sekitar 3.000 hektar untuk Tahura Aek Martua. 


Pembangunan Tahura ini telah mendapatkan Surat Keputusan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kemen LHK) serta masuk dalam Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW).


Konsep Tahura Aek Martua tidak hanya berfokus pada pelestarian jenis-jenis tumbuhan hutan, tetapi juga melindungi satwa dan mengembangkan objek wisata. 


Air Terjun Aek Martua yang menjadi bagian dari Tahura ini diharapkan dapat semakin dikenal, baik oleh masyarakat Riau maupun wisatawan dari luar provinsi.



Penutup


Air Terjun Aek Martua adalah destinasi wisata yang menawarkan keindahan alam dan petualangan. 


Keunikan air terjun tiga tingkat dan kejernihan airnya, ditambah dengan panorama hutan yang masih alami, menjadikan tempat ini layak untuk dikunjungi. 


Sebelum berangkat, pastikan Anda mempersiapkan diri dengan baik untuk menjelajahi keindahan yang masih asri ini. 


Jadi, tunggu apa lagi? Segera rencanakan perjalanan Anda ke Air Terjun Aek Martua dan nikmati pesona alam yang luar biasa!***

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Iklan: Lanjut Scroll