24 C
id

Nikmati Keindahan Pulau Panjang Aceh Singkil, Punya Fasilitas yang Lengkap Cocok untuk Berwisata Bersama Keluarga Anda

Pulau Panjang, Wisata Aceh Singkil
Pulau Panjang, Kepulauan Banyak, Aceh Singkil/


AcehNetwork.com - Kabupaten Aceh Singkil memiliki keistimewaan tersendiri dengan 63 gugusan pulau yang menyebar di sekitarnya, menjadikannya daerah dengan pulau terbanyak di Pulau Sumatera. 


Di antara pulau-pulau ini, Pulau Panjang muncul sebagai destinasi favorit para wisatawan, menawarkan pesona yang tak kalah menakjubkan dari pulau-pulau terkenal lainnya.


Pulau Panjang, dengan bentuknya yang memanjang, telah menjadi primadona di kawasan Kepulauan Banyak sejak 2015. 


Dahulu, pulau ini hanya merupakan tempat singgah bagi para nelayan yang melaut dan tidak memiliki fasilitas penginapan. 


Popularitasnya tertinggal dibandingkan dengan pulau-pulau seperti Tailana, Palambak, Sikandang, dan Pulau Rangit yang lebih dulu ramai dikunjungi wisatawan.


Namun, melihat potensi wisata Pulau Panjang, masyarakat sekitar mulai berinisiatif membersihkan dan membangun fasilitas sederhana seperti tempat penginapan. Sejak 2019, perkembangan fasilitas di pulau ini meningkat pesat. 


Dari beberapa penginapan sederhana, kini berdiri banyak bungalow dan wahana permainan air seperti banana boat, donat boat, dan kayak.


Mefrian, seorang guide asal Pulau Banyak, mengungkapkan bahwa Pulau Panjang kini menjadi salah satu pulau wisata dengan fasilitas terlengkap di kawasan itu. 


Banyak atraksi wisata air di sini yang ditawarkan. Tempat penginapan juga mulai banyak dari harga ratusan ribu hingga jutaan.


Pulau Panjang yang dekat dengan ibu kota Kecamatan Pulau Banyak kini menjadi destinasi pertama yang dikunjungi wisatawan sebelum menjelajahi pulau-pulau lainnya. 


Pulau ini juga menawarkan berbagai resort seperti Kimo Resort dan Alu-Alu Resort yang dikelola oleh warga sekitar. 

Di sana juga terdapat pelabuhan terapung yang memudahkan kapal wisata bersandar.


Sepanjang pulau ini, wisatawan dimanjakan dengan air laut biru tosca yang jernih, dan hanya 10 meter dari bibir pantai, aktivitas snorkeling menawarkan keindahan terumbu karang yang menakjubkan. 


Jika beruntung, pengunjung bisa bertemu dengan ikan nemo. 


Pulau ini juga menyediakan banyak spot foto yang sangat instagramable, serta pedagang makanan hingga ikan bakar yang segar.


Ketersediaan jaringan internet 4G memastikan pengunjung tetap terhubung selama berada di pulau. Untuk mencapai Pulau Panjang, ada beberapa opsi transportasi yang bisa dipilih. 


Dari Medan, Sumatera Utara, perjalanan darat ke Aceh Singkil memakan waktu sekitar 7 jam, sementara dari Banda Aceh, butuh waktu sekitar 12 jam.


Setelah tiba di Kabupaten Aceh Singkil, pengunjung harus menyebrang menggunakan Kapal Ferry dengan jarak tempuh 3 jam ke Kecamatan Pulau Banyak, yang beroperasi tiga kali seminggu. 


Alternatif lainnya adalah kapal kayu milik nelayan yang berangkat setiap hari dengan jarak tempuh sekitar 2 jam. Jika beruntung, selama perjalanan, pengunjung bisa melihat gerombolan paus.


Sesampainya di Kecamatan Pulau Banyak, pengunjung dapat menyebrang lagi ke Pulau Panjang dengan perahu mesin, boat, atau speed boat dengan biaya sekitar Rp 150.000 - Rp 250.000 per orang untuk menjelajahi 6 hingga 7 pulau. Jarak dari ibu kota Kecamatan ke Pulau Panjang cukup dekat, hanya 15-20 menit dengan perahu atau speed boat.


Dengan keindahan alam yang memukau dan fasilitas yang semakin lengkap, Pulau Panjang menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi bagi siapa saja yang ingin menikmati keindahan alam Aceh Singkil. 


Pulau ini menawarkan pengalaman liburan yang tak terlupakan di tengah keindahan Kepulauan Banyak.***

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya