24 C
id

Nikmati Pesona Tirta Gangga: Wisata Taman Air Menakjubkan di Bali dengan Harga Tiket Terjangkau

Tirta Gangga, Wisata Bali
Nikmati Pesona Tirta Gangga: Wisata Taman Air Menakjubkan di Bali dengan Harga Tiket Terjangkau/Foto: Google Maps



AchehNetwork.com - Ketika berbicara tentang Bali, mungkin yang terlintas di benak Anda adalah pantai-pantai eksotis yang terkenal hingga mancanegara. 


Namun, Pulau Dewata memiliki keindahan lain yang tak kalah memukau, salah satunya adalah Tirta Gangga. 


Destinasi wisata ini menawarkan kombinasi luar biasa antara keindahan alam, sejarah yang kaya, dan budaya yang mendalam. 


Dengan fasilitas yang memadai, harga tiket masuk yang terjangkau, dan pesona yang tak terlupakan, Tirta Gangga layak menjadi tujuan liburan Anda berikutnya.



Lokasi Tirta Gangga

Tirta Gangga terletak di Jalan Raya Tirta Gangga, Ababi, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem, Bali. 


Berjarak sekitar 5 km dari pusat kota Amlapura, tempat ini dapat dijangkau dengan perjalanan sekitar 75 km dari Kuta atau 80 km dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, yang memerlukan waktu tempuh sekitar dua jam berkendara.



Pesona dan Fasilitas di Tirta Gangga

Menurut Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Karangasem, Tirta Gangga dulunya adalah taman air milik Kerajaan Karangasem yang dibangun oleh Raja Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem Agung pada tahun 1946. 


Nama "Tirta Gangga" berasal dari kata "Tirta" yang berarti air suci dan "Gangga" yang merujuk pada sungai suci di India, mencerminkan pentingnya air suci dalam budaya Hindu.


Meski pernah rusak parah akibat letusan Gunung Agung pada tahun 1963, Tirta Gangga berhasil dibangun kembali dan kini menjadi objek wisata yang memikat. 


Dibangun di atas lahan seluas 1,2 hektar, taman ini menawarkan suasana sejuk karena letaknya di kaki Gunung Agung, dikelilingi oleh persawahan yang asri.


Pengunjung akan disambut oleh deretan patung yang berjajar rapi di gerbang pertama, menciptakan suasana megah seperti di kerajaan. 


Kolam-kolam dengan air suci, kolam renang, air mancur, dan kolam hias yang dipenuhi ikan menambah daya tarik tempat ini. 


Terdapat pula menara air setinggi 10 meter yang sering digunakan untuk upacara adat oleh masyarakat setempat.



Aktivitas Menarik di Tirta Gangga

Tirta Gangga tidak hanya menawarkan keindahan untuk dinikmati secara visual, tetapi juga berbagai aktivitas menarik. 


Anda bisa berenang di kolam air sanih yang jernih, dengan pilihan kolam untuk anak-anak dan dewasa. Jangan lupa membawa handuk dan pakaian ganti jika Anda berencana untuk berenang.


Selain itu, ada jembatan yang membelah kolam dengan patung naga di kedua sisinya, menciptakan nuansa eksotis yang tak boleh dilewatkan untuk berfoto. 


Bagi yang ingin merasakan sensasi berkeliling kolam, tersedia perahu wisata dengan kapasitas 3-5 orang. 


Perahu ini akan membawa Anda melewati jalur air yang mirip sungai, di bawah jembatan berornamen naga, memberikan pengalaman berwisata yang berbeda.



Fasilitas Pendukung

Tirta Gangga dilengkapi dengan fasilitas yang memadai, seperti area parkir yang luas, kamar mandi, tempat istirahat, rumah makan dengan menu yang menggugah selera, serta kios souvenir khas Bali.



Harga Tiket Masuk Tirta Gangga

Berikut adalah harga tiket masuk Tirta Gangga:


  • Turis Anak-Anak (di bawah 5 tahun): Gratis
  • Turis Anak-Anak (di bawah 12 tahun): Rp15.000
  • Turis Dewasa: Rp50.000
  • Prewedding Photo Shoot: Reguler Camera: Rp500.000, Video Camera: Rp750.000, Drone Only: Rp200.000
  • Kolam Renang: Rp10.000
  • Jukung (Perahu Tradisional): Rp20.000


Harga tiket di atas belum termasuk ongkos parkir kendaraan sebesar Rp2.000 untuk sepeda motor dan Rp5.000 untuk mobil. Harga dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.


Dengan segala pesona dan fasilitas yang ditawarkan, Tirta Gangga menjadi destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi saat berlibur ke Bali. 

Nikmati keindahan alam, sejarah, dan budaya dalam satu tempat yang menakjubkan ini!***

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Iklan: Lanjut Scroll