24 C
id

Tiga Masjid di Bireuen Laksanakan Shalat Idul Adha Hari Ini Sesuai Waktu Arab Saudi


Idhul Adha 2024, Shalat Id
Ilustrasi/



AchehNetwork.com — Tiga masjid di Kabupaten Bireuen melaksanakan shalat Idul Adha pada Minggu, 16 Juni 2024, sesuai dengan waktu Arab Saudi. 

Meskipun Pemerintah Indonesia telah menetapkan Hari Raya Idul Adha pada Senin, 17 Juni 2024, ketiga masjid ini memilih menyesuaikan dengan waktu wukuf Arafah di Arab Saudi.

Penetapan hari raya kali ini tidak menimbulkan perbedaan antara Pemerintah dan organisasi Muhammadiyah, namun ada beberapa masjid yang tetap mengikuti jadwal Arab Saudi.

Menurut informasi yang diperoleh Kabar Bireuen, masjid-masjid yang akan melaksanakan shalat Idul Adha pada 16 Juni adalah Masjid At-Taqwa di Gampong Pante Gajah, Kecamatan Peusangan, Masjid Al Falah di Desa Dayah Mesjid, Kecamatan Kutablang, dan Masjid Lueng Kuli di Kecamatan Peusangan Selatan.

Dilansir dari Kabarbireuen.com, Imum Chik Masjid At-Taqwa Pante Gajah, Ustadz Fakhrizal, mengonfirmasi hal tersebut pada Jumat (14/6/2024) melalui telepon.

 "Benar, kami akan melaksanakan salat Idul Adha pada Minggu, 16 Juni, sesuai dengan waktu wukuf Arafah. Perbedaan seperti ini pernah terjadi tahun 2018 lalu, dan masyarakat dapat menerima perbedaan ini," ujarnya.

Salat Idul Adha di Masjid At-Taqwa akan dilaksanakan di halaman masjid. Ustad Abdurrahman Yusuf dari Lhokseumawe akan bertindak sebagai khatib, dan Teuku Muammar Tillah, putra setempat, akan menjadi imam.

Pengurus Masjid Al Falah, Ustadz Hamdani, juga mengonfirmasi bahwa salat Idul Adha di masjidnya akan berbeda dengan keputusan Pemerintah dan ormas Islam di Indonesia. 

"Rujukan kita melaksanakan salat Idul Adha berbeda dengan keputusan Pemerintah, yaitu wukuf Arafah. Jika wukuf Arafah hari Minggu, maka Idul Adha hari Senin. Perbedaan ini tidak menjadi persoalan di kalangan masyarakat," jelasnya.

Shalat Idul Adha di Masjid Al Falah dimulai pukul 07.30 WIB dengan Dr. Tgk H. Muhammad Isa, MPd sebagai khatib sekaligus imam.

Sementara itu, pengurus Masjid Lueng Kuli di Kecamatan Peusangan Selatan belum memberikan keterangan terkait tata laksana salat Idul Adha. 

Dengan adanya perbedaan penetapan hari raya ini, masyarakat diharapkan tetap menjaga kerukunan dan saling menghormati perbedaan yang ada.***

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Iklan: Lanjut Scroll