24 C
id

7 Desa Wisata di Indonesia yang Sukses Mengusung Konsep Sustainable Tourism

Desa Wisata, tana Toraja
Desa Kete Kesu, Toraja



AchehNetwork.com - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) berkomitmen untuk mengembangkan desa wisata berbasis konsep sustainable tourism atau pariwisata berkelanjutan. 


Konsep ini menitikberatkan pada dampak positif terhadap lingkungan, sosial, budaya, dan ekonomi, baik bagi masyarakat lokal maupun wisatawan, untuk masa kini dan masa depan.


Kemenparekraf/Baparekraf memberlakukan pedoman pembangunan destinasi wisata berkelanjutan yang mencakup empat kategori utama:


  1. Pengelolaan destinasi pariwisata berkelanjutan
  2. Pemanfaatan ekonomi bagi masyarakat lokal
  3. Pelestarian budaya bagi masyarakat dan pengunjung
  4. Pelestarian lingkungan


Berikut tujuh desa wisata yang berhasil menerapkan konsep sustainable tourism seperti yang dilansir AN Creator dari situs resmi kemenparekraf.go.id , menjadikannya contoh inspiratif bagi daerah lainnya di Indonesia:



1. Desa Pujon Kidul, Malang

Terletak sekitar 30 km dari pusat Kota Malang, Desa Pujon Kidul adalah surga bagi para pecinta alam. 


Dengan udara sejuk dan pemandangan yang asri, desa ini menawarkan pengalaman wisata berbasis pertanian dan peternakan. 


Wisatawan bisa menikmati kegiatan seperti menanam dan memetik sayuran, serta memerah susu sapi. 


Harmoni antara kehidupan masyarakat dan alam menjadikan desa ini sebagai destinasi yang menyegarkan jiwa.



2. Desa Pentingsari, Yogyakarta

Desa Pentingsari telah mendapat pengakuan internasional dengan masuk dalam 100 besar destinasi berkelanjutan versi Global Green Destinations Days (GGDD).


Desa ini menawarkan berbagai kegiatan menarik seperti membajak sawah, menanam padi, menangkap ikan, dan belajar membuat tempe. 


Kehidupan masyarakat yang selaras dengan alam membuat desa ini menjadi contoh nyata pelestarian lingkungan dalam pariwisata.



3. Desa Ponggok, Klaten

Desa Ponggok memanfaatkan sumber mata airnya sebagai daya tarik wisata utama. Umbul Ponggok, destinasi yang sempat viral, menawarkan pengalaman berenang, snorkeling, dan berswafoto di bawah air. 


Desa ini juga memiliki sumber mata air lain seperti Umbul Besuki dan Umbul Cokro. 


Dengan pendapatan tahunan mencapai Rp14 miliar, Desa Ponggok menjadi salah satu desa terkaya di Indonesia, bukti nyata manfaat ekonomi dari pariwisata berkelanjutan.



4. Desa Kete Kesu, Toraja

Kete Kesu adalah desa adat yang kaya akan budaya, terkenal dengan upacara adat rambu solo dan kuburan di tebing batu yang berusia 500 tahun. 


Wisatawan juga bisa menikmati keindahan rumah adat tongkonan yang berjajar rapi dan telah berdiri lebih dari 300 tahun. 


Desa ini juga terkenal dengan kerajinan pahat dan lukis. Kete Kesu adalah contoh sempurna bagaimana budaya lokal dapat dipertahankan dan dipromosikan melalui pariwisata.



5. Desa Penglipuran, Bali

Desa Penglipuran, yang dinobatkan sebagai Desa Terbersih di dunia, menawarkan keindahan dan ketertiban dengan aturan adat yang melarang penggunaan kendaraan bermotor di area desa. 


Tata ruang desa yang tertata rapi dengan konsep Tri Mandala menambah daya tarik desa ini. 


Kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan membuat Desa Penglipuran menjadi contoh inspiratif bagi desa lainnya.



6. Kampung Blekok, Situbondo

Kampung Blekok, finalis Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021, terkenal dengan penangkaran burung blekok dan tanaman mangrove. 


Wisatawan dapat ikut serta dalam kegiatan konservasi seperti memberi makan dan merawat burung. 


Desa ini menjadi habitat bagi ribuan burung dan berbagai jenis tanaman mangrove, menunjukkan bagaimana pariwisata dapat berperan dalam pelestarian satwa dan lingkungan.



7. Desa Umbulharjo, Yogyakarta

Desa Umbulharjo menunjukkan bagaimana kreativitas generasi muda dapat mengubah irigasi desa yang kumuh menjadi tempat budidaya ikan nila. 


Kegiatan ini tidak hanya bermanfaat untuk ketahanan pangan, tetapi juga menjadi daya tarik wisata yang viral di media sosial. 


Peran aktif pemuda dalam pengembangan desa wisata berkelanjutan membuat Desa Umbulharjo menjadi contoh inspiratif bagi daerah lain.


Desa-desa ini adalah bukti nyata bagaimana konsep sustainable tourism dapat memberikan manfaat besar bagi lingkungan, masyarakat, dan ekonomi lokal. 


Semoga cerita sukses mereka dapat menginspirasi desa-desa lain di Indonesia untuk terus berinovasi dalam pariwisata berkelanjutan.***

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Iklan: Lanjut Scroll