24 C
id

Di Jalur Darat Aceh Timur - Gayo Lues Ada Wisata Alam yang Memukau, Salah Satunya Desa Bunin yang Masih Asri, Bisa Rafting, Tubing Bahkan Camping Ground

Wisata lokop, Wisata Aceh Timur
Wisata Lokop


AchehNetwork.com - Kini, Kabupaten Aceh Timur dan Kabupaten Gayo Lues terhubung oleh jalur darat yang dapat dilalui kendaraan, memberikan akses mudah melalui Kecamatan Peureulak dan Kecamatan Lokop. 


Sebelumnya, kedua wilayah ini dipisahkan oleh hutan belantara dan pegunungan.


Ekowisata Peureulak - Lokop: Destinasi Baru yang Memikat

Sejak jalur Peureulak - Lokop dibuka untuk kendaraan umum, panorama alam sepanjang perjalanan semakin terekspos sebagai potensi wisata baru. 


Salah satu titik menarik adalah Desa Bunin, yang kini dikenal dengan potensi ekowisatanya yang masih sangat alami dan terjaga.


Desa Bunin menjadi pusat ekowisata yang mengundang para pecinta alam untuk menikmati keindahan yang masih "perawan". 


Keindahan alam ini terbentuk secara alami dan sejak akses transportasi ruas Jalan Peureulak – Lokop terbuka, kunjungan wisatawan meningkat drastis.


Menikmati Keindahan Alam Sepanjang Jalan

Perjalanan melalui jalur ini akan memanjakan mata dengan hamparan hijau dan udara segar yang dikelilingi pepohonan serta tumbuhan hutan hujan tropis yang belum terjamah. 


Aktivitas rekreasi seperti arung jeram (rafting), arung ban (tubing), bumi perkemahan (camping ground), dan air terjun Terujak kini semakin dikenal dan viral. 


Lokasinya terletak persis di bawah jembatan Lokop, sekitar 110 km dari Kecamatan Idi Rayeuk atau Ibu Kota Kabupaten Aceh Timur, yang dapat ditempuh dalam waktu sekitar 2 jam 30 menit.


Magnet Wisata Baru di Bunin dan Sungai Lokop

Wilayah Bunin dan Sungai Lokop kini menjadi magnet pariwisata baru, menarik pengunjung untuk menikmati keindahan dan kesejukan alamnya. 


Setiap hari libur, ratusan warga memadati lokasi wisata pemandian ini. 


Namun, potensi ekonomis ini harus dijaga dengan baik agar tidak sia-sia.



Peran HAkA dalam Mengembangkan Potensi Wisata

Dilansir AN Creator dari RRI, HAkA (Yayasan Hutan Alam dan Lingkungan Aceh) aktif menggarap potensi wisata di Desa Bunin. 


HAkA juga merupakan kelompok sadar wisata (Pokdarwis) yang mendampingi kelompok usaha perhutanan sosial (KUPS) di bawah Lembaga Pengelola Hutan Gampong (LPGH).


“Kita akan mewujudkan Bunin agar kian dikenal. Kita bersyukur, pemerintah mau memfasilitasi dan memperjuangkan Bunin menjadi Desa Wisata sekaligus Desa Ekowisata pertama di Aceh Timur,” ujar Sekretaris HAkA, Badrul Irfan.


Tips Berkunjung ke Peureulak - Lokop

Untuk menikmati perjalanan ke Peureulak - Lokop dan destinasi wisata di sekitarnya, berikut beberapa tips yang dapat membantu:

  1. Persiapkan Kendaraan: Pastikan kendaraan dalam kondisi prima mengingat perjalanan cukup jauh dan medan yang bervariasi.
  2. Bawa Perlengkapan Pribadi: Bawa perlengkapan pribadi yang cukup, seperti makanan ringan, air minum, dan obat-obatan.
  3. Kenakan Pakaian Nyaman: Kenakan pakaian yang nyaman dan sesuai untuk aktivitas outdoor.
  4. Periksa Cuaca: Cek perkiraan cuaca sebelum berangkat untuk menghindari hujan atau kondisi cuaca buruk.
  5. Ikuti Petunjuk dan Aturan: Ikuti petunjuk dan aturan setempat untuk menjaga keasrian dan kebersihan lingkungan.


Desa Bunin dan jalur Peureulak - Lokop menawarkan pengalaman wisata alam yang tak terlupakan, memberikan kesempatan untuk memenikmati keindahan dan kesejukan alam Aceh yang masih asli.***

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Iklan: Lanjut Scroll