24 C
id

Dua Hektare Sawah Terendam Banjir di Aceh Timur

 

Banjir Aceh Timur
Dua Hektare Sawah Terendam Banjir di Aceh Timur


AchehNetwork.com – Banjir melanda dua hektare sawah di Gampong Beurandang dan Gampong Jalan, Kecamatan Nurussalam, Aceh Timur. 


Genangan air setinggi 60 sentimeter terjadi akibat hujan deras yang mengguyur sejak Rabu malam, 3 Juli 2024.



Sawah Terendam dan Rumah Terdampak

Keuchik Gampong Beurandang, Hasan Basri, menyampaikan bahwa sawah yang terendam banjir baru saja ditanami padi. 


Warga masih belum dapat memastikan total kerugian akibat banjir ini.


"Ketinggian air sekitar 60 sentimeter," kata Hasan Basri pada Kamis, 4 Juli 2024. "Selain sawah, di gampong kami ada tiga rumah yang terendam."



Banjir Mulai Surut, Ancaman Hujan Masih Ada

Menurut Hasan, kondisi banjir saat ini berangsur surut. Namun, ia mengingatkan bahwa jika hujan kembali turun, air bisa naik lagi.


"Tidak menutup kemungkinan jika hujan masih mengguyur, air kembali naik," tambahnya.


Antisipasi dan Harapan Warga

Warga Gampong Beurandang dan Gampong Jalan berharap agar banjir segera surut dan tidak menyebabkan kerugian lebih lanjut. 


Mereka juga berharap pemerintah setempat dapat memberikan bantuan dan solusi untuk mengatasi masalah banjir yang sering terjadi di wilayah mereka.


Banjir ini menjadi perhatian serius bagi masyarakat, terutama para petani yang menggantungkan hidupnya pada hasil panen. 


Kerja sama antara warga dan pemerintah sangat diperlukan untuk mencari solusi jangka panjang agar kejadian serupa tidak terus berulang.


Dengan adanya langkah-langkah pencegahan dan penanggulangan yang tepat, diharapkan masyarakat dapat lebih siap menghadapi cuaca ekstrem dan meminimalisir dampak yang ditimbulkan.***


ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya